Welcome Back, Mudikers...! - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | I'm Back...! (hari2 hiatus saya...) »
| Sayah pamit... Hiatus dulu yah... Hikkss...! »
| Perkenalkan... Inih Nama Sayah...! »
| PR, PR lagi (aaarrrgh!!!) & Award...! »
| Asiiikkk Ramadhan Lagi...! »
| Betawi Katrok At The Water City......... LITTLE VE... »
| Udah Pernah Nonton Ini Belum...? »
| Rencana Kopdar Internasional... »
| Sayah Lagih Sebel...! »
| Hati-Hati Neh...! »
Senin, 15 Oktober 2007
Welcome Back, Mudikers...!
Halaw...!
Apakah para Mudiker udah jadi Baliker? *gyahahaaa... apa seh!*
Gini lho maksudnya... kmaren Rekan Blogger yg mudik apakah udah balik lagi?
Kalo saya siy udah... Lho??? %$#*@~&
Heheheee... iya niy, saya kan Bukan Betawi Aseli tapi Betawi Doang, soalnye kan Maknyak orang Cirebon & kebetulan saye masih punya Mbah Rayi (nenek) di sana.
Tinggal satu2 nya Beliau doang barang antik di kluarga saye yg harus ditengokin buat sungkem tiap lebaran...

Kamis itu trahir gawe megang tumpukan rekening, pagi nye Jeng Widya Agustina mampirin kantor saye buat ngasih Opera Cake nye d'Harvest buat lebaran, skaligus mengabarin bahwa besok die mo ke Yunani, Mesir, mmmm... ntah kemana lagi!
Ini bonus buat prestasi kerja die selama setaon kemaren
*yg amat disayangkan oleh ybs karna ga boleh dicairkan alias minta mentah nye aje...*
Ya Allah Wid, saye mah mendingan ngikut tour dah. Duit di tangan mah cepet abis!

Ini gambar Opera Cake dari Jeng Widya, anggep aje sebagei kartu lebaran yg saye posting khusus buat Rekan Blogger yg *mau2nya* mampir blog saye


Slamet Lebaran yah...
Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon Ma'af Lahir & Bathin

Namanya sering becanda, pastinya ada aja kata2 ga sngaja yg mungkin pernah menyinggung perasaan Rekan Blogger walo maksudnya siy ga begitu...
Jadi di hari yg fitri ini, saye juga idem deh seperti isi SB, Komentar n SMS di HP saye dari Rekan Blogger, saye juga minta ma'ap...
Tolong dima'apin yah, awas lho kalo ngga! *hehe*

Nah, Jum'at pagi abis sholat subuh kita sekluarga berendong-petong mudik ke Cirebon.
Alhamdulillah, pemilihan hari yg amat tepat, karna sama skali ga macet, berasa jalanan milik pribadi... Kita ambil jalur selatan yg jaraknya lebih jauh, karna lewat utara ga sanggup deh kalo harus saingan ama bis gede.
Nyampe Cirebon, kita nerusin jatah tidur yg tadi pagi terpaksa dipotong buat mudik.
Asli smuanya tumbang, tidur dalam damai...
Ba'da Babeh & si Bontot kelar jum'at an, saye nyetor zakat fitrah
*saye emang biasa bayar di Cirebon... baru terfikir niy, sebenernya boleh ga ya...?*
Abis itu ke warnet terdekat buat cek imel n buka blog. Masya Allaaah nge net disini tuh lola bgt dah gitu panas minta ampun karna AC nya rusak! Untungnya saye lg ga puasa, jd bebas2 aja mo pesan minuman apapun yg botolnya keringetan itu-tuh...

Kelar di warnet, rencana nya mo ke Grage Mal buat nyari novel yg udah lama saye incer. Tp baru nyampe loby udah disuruh pulang karna mol nye mo tutup.
Halah masih sore neh... buru2 amat! Ga asik ah...!

Nah pas mo balik ga sengaja liat grobak Empal Gentong di sebrang mol. Wah baru inget niy... waktu brangkat emang saye udah ngancem mo makan smua makanan khas Cirebon buat laporan oleh2 mudik.
Baru aja pesan, eh saye liat mangkok nye tetangga... sepertinye mie ayam punya die penampilan nye menggugah selera & memanggil2 saye buat ngicipin...
Langsung deh buru2 bilang ama tukang dagangnya...
"Bu, Empal Gentong nya stengah aja deh... Yg stengah lagi saya minta mie ayam yg persis kaya punya Mbak ini ya..."

Hahahaaaa... jangan aneh yah! Saye nih emang sungguh2 tukang jajan. Saye suka banget jajan ketimbang makanan rumahan. Akhirnye jadi juga saye makan mie yg rasanya alhamdulillah persis seperti yg saye bayangin. Trus Empal Gentong nya juga lumayan enak, walo ga bisa dibilang enak banget. Waduh... lupa difoto niy, saking serunya makan.
Ma'ap yah... baru inget foto setelah dua2 nya tandasss...!

Balik dari sana langsung mandi *Wah, Cirebon tuh kata saye panas banget melebihi Jakarta. Dan menurut perasaan saye & keluarga, waktu di Cirebon tuh lebih lama ketimbang Jakarta. Jd kami ga pernah suka kalo harus puasa disini. Itulah kenapa kami selalu datang di hari terakhir puasa* setelah mandi, duduk manis nunggu tukang Tahu Gejrot.
Tapi... udah nunggu in berjam2 tukang nya ga muncul. Padahal biasanya si Mamang itu slalu datang pas malam takbiran.
Dia tau, kita2 dari Jakarta slalu beli & pasti nambah, jadi dia ga perlu keliling. Kemana ya...? Hiksss udah ngiler niy...!

Lagi nunggu sambil manyun, lewatlah arak2an takbir keliling.
Ini tradisi rutin di Cirebon, tp sepertinya taun2 belakangan udah ga seru kaya dulu.
Dulu itu beneran bagus & seru... Orang2 pada takbir keliling bawa obor & bedug lengkap dg pakaian tradisional plus miniatur masjid, ka'bah dll. Poko'nya rame!
Lha ini koq cuma takbir bawa obor doang trus di barisan paling blakang malah pawai motor yg bawa bendera SLANK. Ya ampun...!

Ada yg saye inget tiap puasa di Cirebon waktu saye kecil... Tiap ba'da maghrib pasti ada barongsai2 kecil yg dateng ke rumah2 untuk ngamen. Meski saye waktu itu takut, tp ini seru banget & bikin kangen karna suasana puasa di Cirebon jadi beda dg Jakarta. Tp skrg siy udah ga pernah ada lagi, ga tau kenapa.
Padahal saye pikir siy apa salahnye...

1 Syawal 1428 H keluarga saye sholat ied di alun2 (halah, ternyata sampe sekarang saye kaga tau nama masjid agung yg ada di alun2 itu...) saye siy di rumah aja ngeduluin makan ketupat & sambel goreng ati *hihiii* begitu mereka masuk rumah, langsung deh minta ampun ama Babeh & Maknyak, berasa banget banyak salah. Soalnye saye pan masih suka bandel...
Kelar makan ketupat, kita ke makam Mbah Raka (kakek) trus makam nya buyut, dan semua2 deh... saye lupa makam siapa aja, abisnya banyak siy...
Dari situ ke rumah sodara2 nye Maknyak, abis itu balik.
Nah, di jalan kita sempet beli Mangga Gedong Gincu buat oleh2 di Jl. Lemah Wungkuk. Pas kita udah jalan, Babe liat mangganya koq pada ijo... Ternyata si Bontot tuh sok tau banget, die milih yg masih muda alesan nye siy biar nyampe Jakarta jadi mateng. Walhasil, pas lewat Jl. Kebon Cai kita brenti lagi karna tergiur Mangga Gedong Gincu situ yg sangat-sangat WOW diliat...!
Ini gambarnya

Gile bener, tukang nya nawarin harga sekilo Rp 27.500. Halah, di Jakarta aja cuman Rp 20.000 doang koq! Dia bilang 25rb deh, itu juga untung nya cuma seribu *bo'ong banget lu!*
Akhirnya setelah dipertimbangkan, ya sudahlah samain aja dg harga Jakarta, itung2 bagi2 rejeki di kampung. Tapi apa yg terjadi sodara-sodare...???

Waktu nimbang, mangga yg penampilan nya WOW tadi diturunin, trus yg bawah ditimbang buat kami. Tau ga, mangga2 itu sama sekali bukan Gedong Gincu tp gedong biasa sama seperti yg ada di halaman rumah Mbah. Yg lebih menyebalkan lagi, kondisi mangga2 itu udah ga segar.
Kalo kita ke Pasar Pagi ato Pasar Kanoman, mangga gedong yg kaya gini harga nya sangat-sangat murah.
Babeh marah. Saye juga!
Dg kesel mangga2 itu Babeh balikin ke kardus nya tapi secepat kilat dimasukin lagi ke timbangan ama tukang nya, lalu buru2 dikemas dalam kardus & dilakban.
Gila! Dagang macam apa kaya gini?! Curang!

Babeh protes, koq mangga buat kami jelek2 begitu?
Tp tukangnya terus aja berkelit, bahwa mangga yg dia jual semuanya bagus, kualitas super...
Super dari hongkong?! Dasar kampret!!! *ups!*
Babeh ga mao memperpanjang. Saye juga!
Dg sangat terpaksa, saye bayarlah 5Kg mangga gedong biasa yg kondisinya jelek itu seharga Rp 100.000. Sambil saye bilang ama tukang nya, "emang berkah ya pak, dagang dg cara menipu orang kaya gini? ga takut sama Allah...?"
Dia nya diem aja. Dasar mental penipu!
Padahal waktu di Jl. Lemah Wungkuk kita bebas milih lho, lebih murah pula 3Kg cuma 50rb, sayang nya si Bontot sih tuh suka sok tau...!

Untuk pelajaran nih...!
Jangan beli mangga di Jl. Kebon Cai Cirebon.

Kalo pun tergiur mao beli di situ juga, jangan lupa pake perjanjian bahwa yg dibeli tuh Mangga Gedong Gincu yg dipajang di atas, bukan mangga gedong biasa yg ada di bawah & udah pada bonyok!
Kalo tukang nya berkelit, lebih baik batalkan saja, sebelom dia selesai menimbang & kardus nya keburu dilakban.
Percaya lah, ga semua orang di kota kecil jujur dan ga semua orang di metropolitan brengsek.
Semua kembali ke diri masing2...


Sampe rumah Mbah, mangga itu kita timbang langsung dg kardus nya, ternyata ga nyampe 5kg. Yasudahlah, Allah maha tau koq hukuman apa yg pantes buat pedagang curang kaya orang itu. Andainya pohon mangga Mbah saye yg ada 8 pohon itu berbuah, pastinya kita ga perlu berburu mangga ampe ketipu kaya gini.
Sukurnya abis itu munculah si Mamang tukang Tahu Gejrot langganan, langsung kita semua lupa ama Tragedi Gedong Gincu yg tadi... Saking kalap nya *karna abis marah*, kita2 makan ampe 3 porsi! Hahahaaaa...
Abis gimana yaaa Tahu Gejrot asli Cirebon tuh enaaaaakkkk banget!
Di Jakarta siy ada, tp beda banget. Tahu nya beda, kuah nya juga beda. Penampilan nya doang yg mirip.
Ini-nih gambar seporsi tahu Gejrot plus tukang nya...



Oya, langanan kami di Cirebon tuh sebenernya ada 2 orang, tp kembar. Yg satu tahu nya lebih segar karna dia selalu bawa tahu yg paling baru. Belakangan ini kita baru bisa beda in, ternyata kakanya yg selalu bawa tahu yg segar dan dia punya andeng2 (tai lalat) di dagu kiri.
Hari itu saye pesan 500 tahu buat keluarga Babeh di Jakarta. Biasanya siy 1000 sekalian buat temen2 di kantor. Tp berhubung liburnya panjang, taun ini temen kantor ga kebagian Tahu Gejrot deh, soalnya kami se keluarga balik ke Jakarta malam ini juga.

Iya nih, tiap lebaran kedua Keluarga Besar Babeh ada halal bihalal. Semuanya datang, ini semacam ajang ketemuan untuk silaturahmi pasca puasa sebulan penuh.
Soalnya kan kami yg dulu tinggal di Jakarta Pusat (Kebon Sirih & Kampung Bali) udah di gusur dan tinggal berpencar. Biar efektif, jadilah tiap lebaran kedua kumpul di satu tempat yg lokasinya gantian. Yg ga dateng bakalan kena nyamperin rumah sodara satu2. Kerjaan kaya gini ga cukup sebulan, soalnye rumah nye pada jauh & belon tentu orang nye ada di rumah (belon lg kl nyasar!).
Nah, taon depan giliran keluarga Enyak nye Babeh yg jd tempat ngumpul. Belon tau di rumah siape, yg jelas kl di rumah Babeh siy kaga mungkin soalnye kecil banget, bisa2 rumah Babeh yg imut itu meledak...
Oiye... taon ini kita kaga beli oleh2 kaya taon2 kemaren. Soalnye pas kemaren dateng, kite smua ketiduran ampe klenger jd ga keburu ke Pasar Pagi buat beli Kerupuk Melarat Cap Ayam Pendawa, Gapit, Simping, Encrot, Bagelen Sarinah & Gadung. Kita juga ga bisa pesen Kue Koci & Bolu Panggang karna yg bikin udah meninggal. Waduuuhhh... Sedih!

Mungkin udah pada tau yah kalo Gapit, Simping, Encrot & Gadung. Tp mungkin bingung dg Kerupuk Melarat... hahaaa...
Ini krupuk warna-warni yg digoreng pake pasir saking melarat nya.
Khusus cap Ayam Pendawa, dia harga nya lebih mahal karna rasanya emang lebih enak dari yg tanpa merek, warna nya pun soft ga ngejedor-jontor mengerikan kaya yg lain.

Kalo Bagelen merk Sarinah tuh roti kering bulat yg dibelah dua, belakangan ini emang udah langka di Cirebon. Rasanya enak banget karna dia pake margarin & gula asli. 3tahun terakhir saya sulit nemu di pasar2 Cirebon. Ini oleh2 yg paling ditunggu temen2 kantor saye, karna beda banget rasanya dg bagelen merk Soes Merdeka Bandung yg rasanya lebih moderen karna pk susu.

Nah kue Koci & Bolu Panggang tuh kita bisanya pesan dg orang kampung sini, jadi ga beli di pasar.
Kue Koci tuh yg bentuknya kaya piramid, dibuat dari tepung ketan & gula jawa, isinya kacang ijo dibungkus daun pisang. Udah kebayang belom? Rasanya enaaakkk banget! Apalagi pas panas2 baru mateng... Ini oleh2 favorit yg slalu dipesan keluarga Babeh setelah Tahu Gejrot.
Sebenernya siy bisa pesen ama yg lain, tp kita belom pernah & ga yakin rasanya.

Kalo Bolu Panggang tuh bentuknya bulet kaya kue lumpur (bentuk nya doang) jenisnya siy roti kering tp bukan yg teksturnya amat lembut. Bikin nya masih tradisional banget, dicetak satu-persatu dan dipanggang pk kayu bakar.
Beli nya rebutan, butuh kesabaran, perjuangan & kegigihan. Inipun paling banyak cuma dapet 20 biji. Soalnya semua orang pengen beli sedang kan penjualnya cuma satu2nya di seluruh Cirebon.
Di Pasar siy ada, tp buatan pabrik yg rasanya standar & teksturnya kasar.
Jadi jarang2 saye bisa ngasih oleh2 Bolu Panggang, karna saye sekeluarga pun pengen.
Sayang yah, pembuatnya sekarang udah pada almarhumah...

Walhasil, sore itu kami ke Sinta di Jl. Lemah Wungkuk, ini toko oleh2 khas Cirebon yg dulunya spesial jual manisan.
Udah lama banget kami ga ke Sinta, setau saye siy toko ini udah ada dari sebelom saye lahir.







Sekarang Sinta jual macem2 oleh2 khas Cirebon.
Yg paling aneh & baru saye liat tuh Sempe aneka rasa.







Yg original siy rasa bawang & kacang, belakangan Sinta mulai bikin rasa baru misalnya rasa stroberi, jambu, keju, pisang, coklat & rendang (buset, ada rasa rendang...)
Sempe niy bentuknya bulet pipih, mirip banget Ledre khas Semarang.






Trus ada lagi yg namanya Ulir Melinjo. Kirain apa-an, ga tau nya kripik melinjo yg bentuknya dimodifikasi jd berulir & rasanya jd lebih renyah. Enaklah pokoknya.

Mungkin kalo orang denger kata Cirebon, sering kali pikiran nya langsung ke Sirop Tjap Buah Tjampolay...
Nah, begitu jg dengan temen2 & sodara2 saye.
Sirop Tjampolay ga pernah ketingalan, soalnya gampang aja tinggal ambil di depot ga perlu ke pasar.
Sirop nya unik, warna nya pink dangdut muda, tampilan nya ga meyakinkan & seperti sirop murahan tp ternyata harga nya ga murah.
Yg paling penting bahan2nya aman kaga membahayakan, gula nya juga asli karna keliatan kalo tutup nya udah dibuka & pernah diminum walo sekali, makanya saya sekeluarga suka banget sirop ini & ga ragu2 buat bawa sebagai oleh2.
Tjampolay original tuh yg rasa pisang susu.

Di Sinta saye nemu sirop baru hasil inovasi mereka. Mirip dg merk Tjampolay tp di dalam nya ada isi. Misalnya sirop selasih, nah di dalam nya ada buah selasihnya. Ato rasa duren, leci, nanas, stroberi, jeruk nipis, jahe trus apa lagi yah... lupa! Abis rasa nye banyak banget. Harga nye lebih mahal dari Tjampolay, saye beli 5 rasa kalo enak beneran taon depan beli lagi...

Balik dari Sinta kita mampir dulu di Pasar Pagi buat nyobain Es Duren. Dg harga Rp. 7.000,00 dapet segelas Es Duren dg duren yg cuman sesendok doang (asli!). Halah, dikit amir... Yaudah saye nanya ama tukang nya, kl duren nya 1biji harga nya jadi berapa? Dia bilang Rp. 30.000,00! Hmmm... fantastik amat!
Padahal waktu saye jalan2 ke Semarang, Semangkok Es Duren dg 1biji duren montong utuh cuma dihargain Rp. 10.000,00.
Oya, depan Pasar Pagi nih ada toko khusus yg jual Oleh-oleh Cirebon. Tp yasudahlah saye ga beli disitu, soalnya saye udah terlanjur beli banyak di Sinta. Lain kali deh, kalo kepepet lagi...

Lho... tanpa sadar saye ternyata udah ngetik terlalu banyak niy.
Udah ah, sebelom diprotes yg nekad baca...!

Oiya, sekedar info niy...
Tgl 25 Desember 2007 - 2 Januari 2008 ada acara Seren Taun (rutin dilaksanakan di Garut, Sukabumi & Cigugur tiap tanggal
22 bulan Rayagung Saka Sunda) ini adalah semacam pesta panen.
Seperti taun2 sebelumnnya, Pemda mengajak saudara se tanah air untuk tampilin budaya Nusantara & mengundang tamu Mancanegara. Saye belom pernah dateng siy *hahaaa kalah ama bule!* Tp kali ini kayanya saye bakalan dateng karna ada libur panjang, sekaliyan mo tau ada apa siy, sampe animo tamu mancanegara segitu besarnya dateng ke Cirebon.
Lokasi di Cagar Budaya Nasional Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur-Kuningan.
Yg saye pernah denger siy di Cigugur itu waktu tahun 1950-an ada penganut agama Jawa-Sunda yg beraliran Majusi (penyembah api...?) Setelah dilarang pemerintah, mereka terpencar jd penganut agama Katholik, Islam & Hindu, walo 'katanya' kadang ritualnya masih suka dikerjain oleh mantan penganutnya.
Wallahu'alam...

NB :
Mo bilang makasiy niy buat Ayah & Bunda nya Ammar (Abang Koz & Bunda Ofa) atas paket nye buat Babeh & Maknyak saye...
Pada kesenengan tuh dapet paket lagi dari samarinda...

Makasiy juga buat Eucalyptus atas goodie bag nye.
Isinye banyak betul... ada buku, coklat, kue, manisan, abon rajungan, ampe ikan buat sahur. Haiyah, berasa disantuni jadinya... *hehe*
Saye baru tau lho, ternyata saye punya pabrik coklat...

Poko'nya makasiy buat semuanya, semoga Allah membalas kebaikan nya dg berlipat. Amin...

Label: , , , ,

 
posted by Sinopi at 20.24 | Permalink |


30 Comments:


  • At Selasa, Oktober 16, 2007 1:10:00 AM, Blogger ichaAwe

    nop... ceritanya panjang banget, mpe binun mo ngomentarin yang mana ... sutralah ... kalo gw ke indo, ajaklah gw maen2 ke cirebon.
    btw tukang mangga brengsek mah gak disono aja nop, mpe di negara para wali sini juga begitu, gw juga pernah kejadian yg sama persis seperti yg loe alemin ...

     
  • At Selasa, Oktober 16, 2007 6:01:00 AM, Blogger Eucalyptus

    Huaaaaaaa..... huaaaa.... huaaa.... tahu gejrot... kok gak ditinggalin buat gue seh.....

     
  • At Selasa, Oktober 16, 2007 8:19:00 AM, Blogger Eucalyptus

    Laki gw suka bawain tuh mangga gedong gincu dr cirebon (waktu ada Iza dll ke rumah gw kan gw hidangin tuh?). Untung gak ketepu kaya elo ya, secara laki gw bukan orang cirebon. Eh, balik lagi ke tahu gejrot (dendam neh gw)... pokoknya gw tagih ya Desember... plis...plisssssss.... Percuma nitip laki gw bolak balik ke Cirebon gak pernah nemu tahu gejrot..

     
  • At Selasa, Oktober 16, 2007 10:59:00 AM, Blogger .:diah:.

    saya gk mudik Mpok... :((, tapi H+2 road to ziarah bareng FKI hahahahh :D

    Minal Aidzin Wal Faidzin ya Mpok... maapin jg yaa saya banyak salah kata2 ;)

    waaahhh tukang mangganya koq getooh seeehhh... yaa sud,, Insya Allah *dan ini yakin pasti* dy bakalan dapet ganjarannya sendiri tuuhh.. secara dah brbuat gk adil gituuuhh, dibulan Syawal pula, huuuuhhh awasss tuh orang!!! *koq saya yg jadi emosi yaa?? :D

     
  • At Selasa, Oktober 16, 2007 1:36:00 PM, Blogger Ani

    Ceritanya panjang bener Vee.
    Tapi asyik bener ya liburannya !
    Aku ke Cirebon baru sekali pas masih SD, so udah lupa hiks.

     
  • At Selasa, Oktober 16, 2007 6:29:00 PM, Blogger Abi

    Ok deh ntar kalau kebetulan ke kebon cai cirebon, daku akan ikutin saran Novee...

    Dan sekalian saya ucapkan selamat idl fitri 1 syawal, 1428 H, mohon maaf jika selama ini saya ada salah2x kata sama Novee...

    Insha Allah kita amal ibadah kita kemarin diridhoi Allah SWT, dan berjumpa lagi diramadhan berikutnya...amiiin.

     
  • At Rabu, Oktober 17, 2007 8:40:00 AM, Blogger LifeByYourHand

    enaknya yg mudik.,jalan-jalan...!! tinggal capenya dech...,betul gak nop..

     
  • At Rabu, Oktober 17, 2007 3:46:00 PM, Blogger LifeByYourHand

    sama2 nop, makasih juga buat persaudaraannya...moga tetap terjaga..

     
  • At Rabu, Oktober 17, 2007 9:55:00 PM, Blogger sachroel

    Wuih ternyata kerupuk juga bisa melarat he...he..

    "Kerupuk Melarat Cap Ayam Pendawa"

    emangnya bentuk kerupuknya gimana sih mbak? kok namanya ngeri gitu?

     
  • At Kamis, Oktober 18, 2007 5:46:00 AM, Anonymous finkz

    pnjang bgt tulisannya o_O

    kampung kita sama niy! hihihihi di cirebon^^

     
  • At Kamis, Oktober 18, 2007 10:39:00 AM, Anonymous ai

    oalah mba nov..ai kira komp ai yg error ga nampilin gambar. ternyata gambarnya ditunda sampe tgl 22 ya? haha. ampe ngakak nih. :p

    Wuaaa..jadi pengen nyobain empal gentong. Maklum di garut ga ada yg bgituan. hihi.

    Wah..di cirebon salnkers makin mendunia ya mba. haha. Tapi emang bener..kata temenku yg kampungnya di cirebon jg..panas bgt di sana.

    Wuah..info yg bagus nih mba. Catet ah alamatnya, biar nanti ga sudi mampir ke sana. hihi.

    Jadi pengen makan tahu gejrot nih baca postingannya si mba.
    *upz.puasa ai :p*
    Semua postingan soal makanan nih. Salah ngambil waktu nih buat blogwalking. haha.

     
  • At Kamis, Oktober 18, 2007 4:39:00 PM, Blogger Novee

    @ Nadine
    seep... seeeph!
    so kapan kemari biar gw bisa bawa lo ke Cirebon...?

    @ Ayu
    salah sendiri kaga bilang2 gw kl lo suka tahu gejrot...
    Tunggu aja bulan januari, insya Allah kl jd liat seren taun gw bawa in lo tahu gejrot brapa pun yg lo mao...!

    @ Titanic
    Yup! ga smua org jujur ternyata!
    minal aidin wal faidzin juga say

    @ Mama Ani
    Asik bagian mana nya Mam...?
    di isi dg molor seharian doang koq...

    @ Abi
    amin... amin...
    lho, prasaan Abi niy ga ada salah ama saya deh...

    @ Abang Koz
    Seeppp... makasiy skali lg, biar tambah banyak rejekinya

    @ Sahrul San
    bentuk nya siy biasa ajah, tp digoreng nya pk pasir saking melarat nya...
    ntar deh kapan2 aku posting gambar nya ya...

    @ Finkz
    iya, hilaf niy sampe kepanjangan...
    asik, nemu org se kampung kapan2 bisa mudik bareng...

    @ Ai
    Gyahahaaaa...
    ayo ikut aku mudik lg akhir Desember...

     
  • At Kamis, Oktober 18, 2007 5:38:00 PM, Blogger edisamsuri

    De batavian...denger ya kalo posting mbok jangan panjang-panjang..jadi ngga mudeng.....pusinkkkkkkk...he he he hik hik

    but anyway...bagus kalo masih bisa mudik mah..soalnya gwa ngga pernah mudik lagi..kakek nenek gwa yang tinggal di lenteng agung jakarta..dah pada meninggal....

     
  • At Kamis, Oktober 18, 2007 6:19:00 PM, Blogger Novee

    @ EdSam
    wuaaa koq bisa yah melarang pemilik blog posting terserah diya...
    gini ajah deh, kl ga berkenan ya jgn dibacalah coz disini gada pemaksaan lho... Postingan sayah hanya untuk yg ikhlas membacanya ajah...
    Hahaaa gitu ajah koq respot...!

     
  • At Kamis, Oktober 18, 2007 11:23:00 PM, Blogger Totok Sugianto

    Saya kangen banget ama Nasi Jamblang Mang Doel yang depan Grage Mall... Salam kenal.. Selamat Idul Fitri Minal Aidzin wal Faidzin

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 12:40:00 AM, Blogger CempLuk

    wah mbak seru sekale lebarannya.. apa ada angpo buat cempluk kah ?? :D

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 12:47:00 AM, Blogger Novee

    @ Totok S
    Nah itu-tuh... bertahun2 dan ratusan kali saya mudik ke sana tp ga pernah berhasil makan Nasi Jamblang Mang Doel...
    Soalnya kan warung dia tuh tutup tiap liburan.

    Salam kenal juga, minal aidin wal faidzin juga...

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 1:35:00 AM, Blogger Novee

    @ Bagus
    ada niy...! kemari aja Gus
    *asal kemari nya ga minta ongkos... hehe*

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 7:54:00 AM, Blogger aLe

    angpao aLe transfer aja noph :D

    met lebaran ya noph,
    minal aidin walfaidzin,

    wah, mau donk aLe dikirimin juga
    *bergegas ke om koz*

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 11:32:00 AM, Anonymous heny

    sumiiiiiiiii...busyet...tangan lo kaga keriting mpok...heheheh...rajin bener lo...gw sampa dua babak bacanya...abis kalau sekalian kebanyakan...maaf lahir bathin yah...biarpun tadi dah telponenan..duh tahu gejrot bikin gw ngiler...

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 4:43:00 PM, Blogger Novee

    @ Seleb Blogger
    ge'er ah... Lo aja pelit ama gw!

    @ Bunga Pasir
    ya ngga lah... lo aja posting lebih panjang dari gw ky org kesurupan gitu, emangnya tangan lo jd nge blow...? *kekekekkk*

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 8:35:00 PM, Anonymous santribuntet

    Cerita2 tentang suasana Cirebon bisa sedetil itu, saya yakin Nop kalau di cerbon itu lagi pilkada, terus kamu ikutan... pasti menang... banyak kelebihanmu... yaa bisa memotret kehidupan orang2 sampai sedetilnya hingga makanan khas2 crebon bisa dilahap dan dihafal di luar kepala, dan sampai keluar perut pula...

    Nah, yang istimewa, Novee jarang ke Crebon tapi bisa hafal gitu... apalagi kalau ke crebon...

    Dah cepten vee itukan pilkada.. nanti orang2 buntet akan aku suruh semua pilih kamu hehehehe... :)

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 8:38:00 PM, Anonymous santribuntet

    Tulisan panjang itu sudah aku baca via HP sambil ngtes kemampuan WP teknologi 3G terbaru dari simpati... luar biasa teknologi itu bisa diakses hingga ke WC di kampung saya yang banyak gunung dan bukit2nya..

    sayang teknologi lagi tidak bisa mengimbangi... misalnya di ITS fasilits blog saja konon masih sangat minim di sana...

     
  • At Jumat, Oktober 19, 2007 10:49:00 PM, Blogger Novee

    @ Kurt
    PILKADA???
    kabuuurrrr...
    *saya hanya bisa bikin rusuh doang*

    Btw hp canggih neh... salut deh buat petinggi negri sebrang

     
  • At Sabtu, Oktober 20, 2007 11:01:00 AM, Blogger GHATEL

    Astagfirullah Hal Adzim cape bngt bacanya, ampe lupa makan & minum & mandi, kya skripsi ..pnjang bngt....

     
  • At Sabtu, Oktober 20, 2007 10:02:00 PM, Blogger Novee

    @ Ghatel
    gyahahaaaa... salah sendiri, napa bela2in baca... cian amat nasib mu nak...

     
  • At Selasa, Oktober 23, 2007 12:51:00 AM, Blogger ichaAwe

    ada abang tahu gejrotnya pulaaa.....

     
  • At Kamis, Oktober 25, 2007 12:52:00 AM, Anonymous ai

    aduh..mupeng euy liat kuenya..hikz..
    Foto2nya jempolan deh mba vee..
    ampe tahu gejrot lengkap sama abangnya. haha.

     
  • At Minggu, Oktober 28, 2007 6:44:00 PM, Anonymous Kurt

    Waaah makin sempurna nih halaman, sebuah pengalaman yang unik dan menarik, dilengkapi foto yang original

     
  • At Senin, Oktober 29, 2007 11:50:00 AM, Blogger an diana

    aku kan tinggal di cirebon 16 tahun...cerita mbak bikin aku kangen balik....hix.....