3 in 1 Long Week End : #1 Borneo, Ayem Kamiiing!! - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | Lost in Seleb Community »
| Duh.. saye kena tag lagi..! »
| From Bandung with love! »
| Ada yg sanggup siapin 10 ekor sapi??? »
| Tag...! Tag...! Tag...! *help me...* »
| Jakarta Terapung... Jakarta Punya Monorail... Okeh... »
| Dapet Award ama Piala??? Ya ampyuuun… toootwiiittt... »
| Selamat Hari Ibu, Ya...! »
| Saya jatuh cinta... »
| Jakarta mendung, tapi saya kehujanan... »
Selasa, 11 Maret 2008
3 in 1 Long Week End : #1 Borneo, Ayem Kamiiing!!
PROLOG : *hihiii.. apa seh!*
Postingan ini dibagi jadi tiga episode, secara kemaren ntuh saye touring ke tiga kota di Kalimantan Timur. Dan sebenernye siy, ga mao dipublish di sini, secara lagi bikin blog touring and eating. Tapi mempertimbangkan berbagai hal diantaranya acara inti nya KOPDAR alias Betawi Katrok namu di Kaltim, jadi mendingan dipublish deh..
*lagian daripada ditanyain oleh2, mending langsung posting biar pada anteng.. walo sepertinya trik inih hanya bisa berkhasiat sementara saja.. abis baca, pasti teteup pada nodong!*
Yasud, silahkan disimaklah kisahnye..

Latar Belakang : *wakakakkk..*
Jum’at : janjian ama si Elok temen sekantor untuk ke Padang, kampung moyangnye die. Ini rencana yg udah 2taon ga terealisir.. Mumpung libur panjang, mari kita wujudkan segera.. gitu rencana awalnya.

Senin : karna berbagai hal yg ga bisa dicritakan, si Elok batal mewujudkan niat mulia inih *huh! Plin-plan.. gagal maning, gagal maning..*
Tapi tiba2 teringat Uni Firna, sahabat waktu kuliah yg beberapa kali pernah ngajak liat tanah airnya. Langsung nelpon die dan STUJUH katanya.. Asiiikkk..!!
Telpon travel agent langganan kantor dan siang itu juga dapet lah tiket bulak-balik Jakarta-Padang, besok tinggal di-issued trus bayar. Legaaa..!
Malemnya si Uni membatalkan janji, dikarenakan kabar terbaru dari kampungnya, bahwa Padang saat ini lagi gempa & hujan terus menerus. Percuma kalo mo touring ke sana, kalo hanya ngendon indoor sedang kan di luar sanah banyak yg harus dikunjungi, secara Padang tuh indah sangad *dari kabar n poto2 yg pernah saye liat..*
Putus asa, malem itu ga bisa tidur karna kepikiran. Tiba2 dapet ide, terpikir ipar yg orang Padang ituh, langsunglah sms die : kalo gw ke Padang sendirian, amankah..?
Jawaban intinye adalah die akan mengerahkan keluarganye *ga segitunye siy, tp biar seru ajah..* untuk menjaga n nganter saye jalan2.. Yipiiiy! Girang sangad!
Menjelang ke alam mimpi, kepikiran tentang gempa2 & ujan yg terus menerus di sana.. Tp liat besok deh..

Selasa : buka mata dari tidur yg gelisah pertama kali yg terpikir : SAMARINDA! Yap, kenapa ga ke sana ajah.. secara saye blom pernah sekalipun mendarat di Borneo sana. Aha! Langsung sms Bapak Koz & Ibu Koz. Dan jawaban nya SIP! *walo mereka sedikit ga percaya & bagaikan mimpi bakalan ada kunjungan balasan..*
Langsung sms travel agent *ga tau deh, tu org udah bangun apa belom* : cari-in tiket Jakarta-Balikpapan bulak-balik tgl 6-9 Maret SEGERA!
Jam 9 tiket dapet : LION AIR. Okelah, langsung di-issued n siang nye tuh tiket udah di tangan.. lalalaaa lalaaa srasa pengen joget2 saking girang nye..

Rabu : bela2in lembur, demi besok bisa dapet ijin stengah hari.. Nyaris sukses kerja sempurna, tapi gagal gara2 si Kurir Mandiri BEJ yg udah ditungguin ampe jam 7 malem kaga dateng2 juga. Huh!
Malemnye gentayangan ampe dini hari bikin postingan di bawah situ trus klenger dg sukses..

Kamis : pagi2 baru packing ransel trus ngebut kerjaan sisa kemaren *gara2 si Kurir ituh* Jam 11 rampung, balik ke kost, mandi & langsung menuju Gambir untuk naek Damri.
Terminal 1A Bandara Sukarno-Hatta Gate 6, Lion Air telat untung nye cuman 20menit : gapapalah, daku ma’ap kan dikau..
Jam 3 take off jam 5 WIB ato jam 6 WITA landing di Bandara Internasional Sepinggan-Balikpapan.. Alhamdulillahi robbil’alamin..
Di depan pintu kluar, Ibu Koz udah melambai2kan tangan nya.. Wuaaa.. si Lesung Pipit Bikin Sirik inih perutnya udah kliatan ndut soalnye die lagi mengandung anak kedua, bakal adeknye Anak Koz.. Slamet ya Bu.. moga2 janin nya sehat & persalinan nya nanti lancar..

Kluar Bandara, perut kriuk-kriuk minta di isi, secara dari pagi tadi sibuk kerja trus ngacir ke Bandara tanpa sempet makan apa2.. Huhuhuuu.. lapar sangad! Untunglah rute pertama kita memang MAKAN.. yyyuuukkk!

Dipilihkan nya Kedai TEMPE PENYET SARI RASA.. O-ow.. saye suka banged nih, koq Bu Koz tau ajah, seperti bisa membaca pikiran deh ih.. *cieee apa seh!*
Ternyata wujud tempe dan ayam penyet khas Jawa Timur yg biasa saye makan di kantor beda dg tempe penyet versi Balikpapan. Waduh..!
Kebetulan mereka punya menu lain yaitu GEPUK PENYET yg pake tulisan berwarna merah : (empuk banget). Yaud, saye pesen itu aja deh. Sedangkan Bu Koz pesen IGA SAPI PENYET.
Inilah penampakan kedai dan makanan nya..



Silahkan dinikmati gambarnya aja sambil berjaga2 supaya ga ngeces.. *kasian tuh keyboard* soalnya asal tau aja yah, kedua menu kita inih sungguh2 wuenak, maknyus & empuknya sesuai janji.. Sluuurph! Sedap & kenyang.. Alhamdulillah ya Allah..

Perjalanan di lanjutkan dari Balikpapan ke Samarinda kurang lebih 2 jam deh, tujuan pertama ke rumah Orang Tua nya Bu Koz untuk menjemput Pak Koz & Anak Koz setelah itu ke Markas Koz Family di Bengkuring. Waduh, lupa ngambil poto penampakan rumahnya..

Ini skrinsyut saat penyerahan oleh2 dari Mami Stroberi buat Bu Koz & Anak Koz. Lihatlah lihat..! Anak Koz girang banget dapet buku mewarnai plus spidolnya. Langsung deh dia nyoret2 walo masih acak-kadut, secara umur Anak Koz baru 3th..



Abis menorehkan karya agungnya *hehe*, Anak Koz ngebongkar koleksi VCD kartunnya.. semua dijejer2 di atas kasur. Liat ajah..


Setelah itu kita smua molor dg sukses, sebelumnya menentukan agenda besok pagi menuju Desa Wisata Pampang.. Ga sabar deh!

Jum’at : Subuh, alarm bunyi jam 4.30 WIB, padahal saat itu udah jam 5.30 WITA.. Duh, brarti telat sholat subuh dong eyke.. secara saye lupa setting jam waktu setempat. Yasudahlah, mending telat daripada kaga. Yg penting niatnye udah bener, mo sholat subuh.
Di blakang, ternyata Pak Koz lagi asik nyuci baju.. Wuaaa.. bapak rumah tangga yg baek neh.. Jarang nemu yg beginian, karna udah ga diproduksi lagi.. *wuaaa ge’er deh!*
Abis sholat subuh, saye milih tidur lagi *hihiii.. tamu aneh yang malas!* Ya wajar kaleee secara baru menempuh perjalanan jauh & sebelomnye lembur garap kerjaan demi kemari *critanya bela diri neh, sebelom dikomentarin..*
Pas bangun tidur untuk yg kedua kalinya dan kluar kamar, ternyata Pak Koz & Bu Koz lagi nonton tipi sambil sarapan. Langsung ikut gabung tanpa cuci muka *lha tadi kan udah waktu wudhu.. heee*
Sarapan nye nasi kuning dg lauk telur dan IKAN HARUAN plus krupuk tentunya. Enak lho.. apalagi ada bumbu2 yg warna merah membara itu plus sambelnya. Ampe ludes tandas tak bersisa, tapi lupa dipoto. Inget nya pas smua udah pindah ke perut.. Heheee..

Setelah smua siap, kita brangkat menuju Desa Pampang.
Jalan menuju sana sih tadinya bagus mulus, tapi setelah nemu plang masuk 5km lagi, jalanan nya jadi jelek gitu..


Tapi setelah sampe sana, rada kecewa soalnya hanya nemu Lamin Adat yg kosong tak berpenghuni..




Ternyata kita salah hari.. Di Desa Pampang ini, kita baru bisa ketemu Orang Dayak asli yg lengkap dg baju adat skaligus melihat pertunjukan seni hanya hari Minggu siang. Sayang banget deh, secara Minggu kan saye udah harus ada di Balikpapan untuk balik ke Jakarta. Yah.. belom rejeki nih..
Kalo gituh, mari narsis untuk ngisi waktu *alasan narsis yg aneh..*


Pas mo balik ke mobil, tiba2 ada Orang Dayak di sebrang jalan. Ga pake baju adat, tapi dari penutup kepala putih khas mereka yg dia pake, saye yakin dia orang asli. Apalagi melihat di punggungnya ada anjat, berarti dia sedang menggendong anaknya. Selintas saye berpikir, mungkinkah ransel adalah original budaya asli Indonesia dalam hal ini Suku Dayak? Berarti ransel siapa yg membajak & mempatenkan nya ya..? Perlu bayar royalty ga tuh..?! Heheee..


Sebelom masuk mobil, ternyata di samping Lamin Adat ada gallery.. Yah coba2 aja cari informasi di situ deh. Ternyata Galery nya lumayan lengkap. Kita bisa sewa baju adat lho.. Harganya 35ribu satu set, boleh dipake poto2 ampe puwas. Nih skrinsyut narsis nya, silahkan ketawa kalo mao..






Si Anak Koz sempet2nye ngecengin Putri Dayak yg namanya Julang.. liat aja tuh si Julang gigit baju ampe pusernye keliatan gara2 pesona Anak Koz yg dahsyat *wakakakkk..*
Pas mo balik ke mobil pun sempet ngambil gambar Ibu-ibu Dayak yg kebetulan lewat depan Galery.. Sayangnya telat, jadi cuman liat punggung nya doang..
Akhirnya kita nyoba lanjutin perjalanan sampe ke ujung jalan sambil liat2.
Berikut skrinsyut rumah2 penduduk di sekitar Desa Pampang.. Liat deh, bentuk dan tangga nya ga ada yg sama..



Spesial tengkyuh buat Dhira d'Rahmans atas informasi IKAN HARUAN nya.. kapan2 kita kopdar yoookkk.. kapan mudik, Bun?!

Udah dulu ah, ngantuk.. Bersambung kapan-kapan, di waktu yg ga jelas alias suka hati.. hahaaa.. kabuuurrr..!!

..tubikontinyu.. >>> #2 Borneo Golden Gate Bridge..!

Label: ,

 
posted by Sinopi at 10.30 | Permalink |


28 Comments:


  • At Selasa, Maret 11, 2008 12:45:00 PM, Blogger LifeByYourHand

    Alhamdulillah, akhirnya di posting juga..,thanks yach nop buat kejutan kunjungannya ke Samarinda...amazing banget loh..!!

    titip salam juga buat mba evi atas bingkisannya buat Ammar...

    Ayo teman2 blogger yang pada mo ke kalimantan, kita tunggu loh !!

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 1:42:00 PM, Blogger Eucalyptus

    Wuaaaaaa...... ngiri sangad liat lo kopdar sama Koz, Ofa , Ammar.... Eh, foto2 yg barang2 Kalimantan menarik juga tuh... jadi pengen juga, hue he he.... kabur ah... secara gw masih ditungguin kerjaan

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 2:14:00 PM, Blogger Nunik 'n Family

    itu yang pake baju adat mirip banget sama gadis dayak (sumpe...mirip banget sipitnya..whoehehe).
    Liat rumah2nya jadi berasa gimama geetoo...secara aye pan pernah tinggal di pulau borneo itu kurleb 7 thn-an, gak di kaltim siy tapi di kalsel, tapi penampakannya secara umum sama. Plus dah beberapa kali jalan darat dari Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda.
    Gak ke Kutai 'Pok?

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 3:08:00 PM, Blogger Mama Anne dan Ghani

    Mpok , aku paling tertarik kalo mpok posting truss ada laporan makan makannya
    Tapi bener dech foto gadis Dayaknya ok banget , boleh tuh buat wallpaper di PC he..he

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 3:38:00 PM, Blogger Mutia&Rayga

    ya elah se mpok..bikin ngiler aja touring mulu, maren bandung, skr kalimantan..besok long wiken lagi ke makasar aja deh..kekekek..

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 4:50:00 PM, Blogger Bunda Ofa

    Horeeeee.... udah diposting nei... :) Ntar boleh ngelink kan??? biar gak terlalu banyak cerita di blog Ofa... pan lagi kena virus malas....hehehehee : **nyari alasasan dot kom**

    Btw Thanks banget juga atas kunjungannya... mohon maaf bila byk yang kurang berkenan. Jangan kapok tuk maen lagi, tapi yang lamaan ya mba... biar bisa Ofa ajak ke pedalaman kaltim sono... :)

    Pokoknya mmmuuuaahhh...mmuuaahhh dei :)

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 5:23:00 PM, Blogger Novee

    @ Bapak Koz
    wuaa.. saya yg makasih dong, secara bikin repot smua orang..
    terharu deh..

    @ Ayu
    itu belom sebrapa.. liat aja di postingan brikutnya

    @ Emaknye Fikri
    Huaaa..! emangnye kliatan bgt ye kl eyke sipit? huhuhuuu.. pantesan kenek mikrolet suka ngira Nci'2..
    Ke Kutai koq Bu.. critanya ada di episode #2 hehe

    @ Emaknye Anne-Ghani
    huhuhuuu.. satu lg neh yg bilang mirip! pk nyuruh jadi-in wallpapper PC segala pun..!
    tenang ajah.. di episode2 berikutnya bakalan bertebaran makanan.. siap2 ngeces deh yeh!

    @ Mutia
    lho koq tau.. rencana kopdar slanjutnya memang Sulawesi koq..
    heheheee... ngayal!

    @ Ibu Koz
    Boleh, boleh.. apa sih yg ngga buat dirimuh..!
    Kangen ama si Ammar neh Bun..

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 6:50:00 PM, Blogger .:diah:.

    wahhhh mupeng dehh liat jalan2nya,, apalagi bakalan ada lanjutannyaa... huhuhuhhh...

    asyiik bangett yaa kopdar ma Pak KOZ family,,, seruuuu....

    jadi kapan nih,, mampir Kendari?? minggu depan long weekend lagi lho yaa?? ditunggu :D

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 8:03:00 PM, Blogger Sekarani

    wahhh..mampir ke ayam penyet sari rasa yang di balikpapan baru kok nggak mampir ke rumah kita seh tante..
    padahal cuman 5 menit loh dari situ...

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 8:48:00 PM, Blogger nrl

    seru amat, ncing..
    asoy..

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 8:55:00 PM, Blogger Mutia&Rayga

    Say,sb mu ga muncul.mungkn krn gw pk hp skr.yoi mami rayna msh d depok,tau skr dah pul dr bdg/blm.coba aja sms,ada ga no.hp nya?

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 10:15:00 PM, Anonymous andrei-travellous

    Wuiiiih! semangat nya itu loh! traveler sejati banget!!!
    dan bagus lah kau pergi ke pulau kelahiran ku Borneo.

    lihat sendiri sekarang bagaimana desa kami, tolong sampaikan hal ini ke bapak presiden wahai Ibu (emangnya bini mentri apa? :p)

    Waah pakaian dayak nya cocok ama kamu Nov, sama ama mata sipit lo pas di foto :D

    Senengnya perjalanan kmu aku rasakan bersamaan dengan kekangenan aku tentang kota di selatan borneo. Terima kasih sudah datang ke Borneo! :)

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 11:27:00 PM, Blogger Bunda Zua

    Seruuuuu!!!

    Mau dong mbak, nasi kuning ikan Haruannya..., gadis dayank-nya juga manteb daah, mampir ke Kutai gak?, kapan hari kita kesana jembatannya keren juga!!

    Btw tuh ide jalannya kayanya dateng misterius kaya' wangsit ya?, apa ada wangsit dateng ke Surabaya?, siap jadi bu koz juga lhoo...

     
  • At Selasa, Maret 11, 2008 11:53:00 PM, Blogger Novee

    @ Diah
    minggu depan udah ada jadwal wiken say.. insya Allah lain kali

    @ Ibu imut2
    waaa.. ga bilang2 alamatnya siy, tau gitu kita mampir *makan lagi heheee*

    @ Nurul
    asoy-geboy-coy..!

    @ Mutia
    kirim via imel ato buzz aja ya
    barusan YM nya saya buzz tolong di aprove, bu..

    @ Andrei
    wuaaa.. kenapa siy smua org jd bahas mata sipit gw!!!
    tenang Ndrei, spt yg gw bilang ke elo waktu itu, gw bakalan ke kampung lo di Banjarmasin situ.. insya Allah

    @ Dhira
    iya, iya, bener.. NASI KUNING IKAN HARUAN! ya ampun, otak niy beneran udah bebel kali yeh, nginget IKAN HARUAN aja susah bener..
    makasiy yah, informasinya *segera di apdet*

    ke KUTAI koq.. nanti ada di episode dua heheee..

    Tau tak.. sebenernya malam itu yg terpikir antara Surabaya & Yogyakarta, tapi ntah kenapa pagi nya yg tercetus justru Samarinda..
    belom jodoh kali kita untuk ketemuan kali ini ye, mungkin d'Rahmans yg mo ke Monas..? Ditunggu lho..

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 1:22:00 AM, Blogger icHaaWe

    jd pgn kesanah, pgn euuuy pake baju dayak kyk loe & pgn juga kopdaran sama keluarga koz...
    btw, loe pas ketemu ma dayak asli, kenapa gak tanya.. kenapa nangis yg membabi buta suka dibilang nangis dayak... :P

    ikan haruan itu kek apa sih??? mangnya gak ada dijakarta nop?
    gw jg ngiler sangat ama makanan penyet2 itu..sluuurp

    btw rumah2 kampungnya hampir sama ama rumah dikampung bonyok gw... gmn kalo nnt kapan2 kita travelling kekampung gw????

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 7:55:00 AM, Blogger Mama Rafi

    trus pulangnya bawa oleh2 apa?? :
    )

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 9:35:00 AM, Anonymous andiana

    waduh..seru kaleeeee.....

    trus, dari samarinda, apa dong bawaaanmu????

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 10:37:00 AM, Anonymous iza

    Hantu roti mode on :p
    Mana ole2 untuk aku??

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 3:25:00 PM, Blogger popokbekas

    wah..
    enak banget ya mbak..
    bisa keliling2 gitu..

    cari duit yang banyak ah.. biar bisa nyusul...

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 5:39:00 PM, Blogger Mr. Eagle

    wow enak dong bisa kopdar.. pa lagi ke tempat bunda ofa+Koz....

     
  • At Rabu, Maret 12, 2008 8:52:00 PM, Anonymous theloebizz

    maaauuu..ikutaaannnn!!...
    *sambil nyiapin koper*
    hihihihi...

    i really wish i had the same opportunity...hopefully one day.. ;)

     
  • At Kamis, Maret 13, 2008 7:45:00 AM, Blogger antown

    betapa kayanya ya budaya kita ini. Saya suka lihat foto itu, ada seorang pemilik motor yang memandikan motornya dengan air yang ada di bawahnya. ALami banget yak...!!!

    enak ya bisa kopi darat sampe jauh disana hehe...

    salam kenal,

     
  • At Kamis, Maret 13, 2008 11:10:00 PM, Blogger almascatie

    wihhhhh enak benerrrrrrrrrrrrr

     
  • At Jumat, Maret 14, 2008 1:19:00 AM, Blogger Kolor bolong

    Hmmm...seru juga....
    untung lo ga di culik suku dayak kanibal....kekekeh...
    eh...gw ngetes komen pake komunikator gw....mumpung ada jangkauan gprs....


    NB : gw cuma mo liat pict cewe yg menyebalkan di pesawat...

     
  • At Jumat, Maret 14, 2008 10:41:00 PM, Anonymous tan

    wah keren pisan euy.... seru-pun, btw akhirnya jadi juga diculik pak dayak? *sambil lirik2 wanita berkostum dayak*

     
  • At Minggu, Maret 16, 2008 4:49:00 AM, Anonymous indo

    asyik eeuy...suasananya kayak di Kalimantan *nah loh

     
  • At Rabu, Maret 19, 2008 5:22:00 PM, Anonymous w@hyu

    huh! Mba Novi ngasih kabar ke Samarinda-nya dadakan sih.. coba beberapa hari sebelumnya pasti deh aku udah ikut foto pake pakaian adat di situ.. :(

    ketemu keluarga Bang Koz pasti seru banget.. kangen nih sama Ammar..

     
  • At Selasa, April 29, 2008 1:34:00 PM, Blogger rizky

    Makanan di Cowek beralasan daun pisang itu bikin laper siang hari ini!!!!
    Mbak novEe maw jadi gadis dayak ya??? kekkkk