Kemaren saye menangis empat kali... - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | Tentang Wanita »
| Ga sangguuuuuuuupppppp…! »
| Kenalin neh...! »
| IPDN… Haruskah dibubarkan…? »
| Do’a Cinta… (haiyah…!) »
| Cape deeehhh…! »
| STOP M.E.N.G.E.L.U.H !!! »
| Beda nya PRIA dg COWO »
| When I’m feeling blue… »
| ASIK JUGA...! »
Sabtu, 04 Agustus 2007
Kemaren saye menangis empat kali...
Subuh itu, saye bangun telat. Jam 05.13 bow! Waduh! Koq bisa ya… Langsung ngacir ke depan, mo liat apakah sudah terang (maklum, kamar saye kaga ada jendela nye…) Ternyata masih gelap, syukur lah… brarti kaga terlalu memalukan sholat subuh gini hari
*tetep aje lu telat, bodooooh…!*

Tapi… apa ituuuuuh…? Dibalik pager deket tempat sampah ada siluet abu2 yg besar n bergerak2..
WAREWOLF kah?! *gile kali lu yeh nooop…!*
atau apaaaah…?

Pelan2 saye deketin…
WUAAAAA… hampir jatoh duduk karna kaget!
Sosok yg ga terlalu jelas wujudnya tapi besar n bagian atas nya awut2an bener2 bikin saye kaget…
Ternyata Ibu2 pake daster (pantes kliatan nye besar) berambut keriting…

“Ibu sedang apa di situ…?” saye nanya
“Maap neng, saye nyari botol ama gelas bekas aqua” jawab nya
“Hah sepagi ini? Untuk apa…?”
“Dijual neng, lumayan sekilo nye 4.000 perak. Buat nambah2 biaya sekolah anak saye…”
“Oh… Itu udah ada brapa kilo, Bu?” sambil ngelirik karung nya
“Kalo karung ini penuh, baru isinye kira2 sekilo. Ini juga saye udah mulai nyari dari jam 4 pagi biar ga keduluan orang, lumayan udah dapet setengah karung…”
“Jam 4 pagi… sekarang baru setengah karung brarti baru dapet 2.000 perak… Ya Allah…” gumam saye.
Mata saye mendadak panas, air mata saya menetes…
pagi2 saye menangis *dasar cengeng!*
“Permisi neng…” katanya
Tapi saye masih bengong di pager… ga bisa ngomong…

Saye lari masuk rumah, buru2 ambil wudhu takut keburu terang…
Dalam do’a saye serta kan juga permohonan untuk Ibu itu, yg begitu gigih nya mencari rupiah, agar anak nya bisa sekolah.
Ya Allah, betapa berat perjuangan nya, semoga Engkau lapangkan rejeki nya dan Kau jadikan permata hatinya itu menjadi anak yg tau berterima kasih dan membalas semua tetes keringat ibunda nya…

Saye udah cerita di postingan yg dulu2 kan, bahwa saye baru pindah kost ke seberang kantor. Dari mulai kluar kamer, jalan santai ampe depan mesin handkey di lantai 8 buat absen cuma makan waktu 5 menit. Deket kan…?
Perjalanan kesana tuh, dari mulai kluar gang, ngelintasin pom bensin tinggal nyebrang sampe deh di kantor. Nah, di pom bensin itu tiap hari ada Nenek2 yg udah tua banget, duduk di emperan nye minta sedekah.
Ga bermaksud riya lho (astagfirullah… ampunilah aku ya Allah), tiap hari saye sisihkan 1.000 perak buat dia.
Koq pelit sih noooop, ngasih cuma serebu doang???
Lha abisnya gimana… gaji saye juga ga banyak, trus saye kan tiap hari pasti liwat situ. Kalo ga ngasih prasaan gimanaaa gituh. Pastinya kan Nenek itu ngarepin juga dari saye biarpun sedikit. Makanya saye siasati begitu. Tp khusus jumat saye kasih agak lebih *jumlahnya ada deeeh… yah lumayan buat Nenek itu wik en lah*

Nah, jum’at minggu lalu saye liat Nenek2 itu ga ada di tempat biasa. Kemana kah gerangan? Sakitkah? Atau…
Tiap hari saye kecarian die, tapi die bener2 kaga ada sodara-sodare!
Dan kemarin die juga kaga ada, berarti sudah 8 hari die ilang…
Ga sadar aer mata menetes terus sepanjang pergi ke kantor…

Kenape saye ga bisa berbuat lebih dari itu…
Kenape saye ditakdirin kaga punya harta yg banyak biar bisa nyantunin Nenek itu dg lebih layak…
Kenape ya Allah…?
Kesian Nenek2 itu… kurus, item, dekil, lusuh dan kepanasan di emperan pom bensin sebrang kantor…
Lalu sekarang die dimana…?
Huhuhuuuu… aer mata udah banjir lagi… Sedih!
Cuma bisa berdo’a memohon kepada Allah… dimanapun gerangan adanya Nenek itu, semoga Allah melindunginya dan menolongnya dikala Nenek itu ada dalam kesusahan…

Hari itu, Ibu Rumi Kasie di Divisi saye ulang tahun, siangnya kita makan di Pizaa HUT Sarinah Thamrin. Nah, pas pulang nye saye ngelewatin Bapak2 lagi berdiri pegangan tembok. Saye jalan ama temen2 sambil terus nengok ke belakang…
Kenapa ya Bapak itu…?
Nyaris nubruk tukang parkir, saye nanya sekalian…
“Bapak itu kenape Bang?”
“Kesian neng, die sakit”
“Sakit? Rumahnye dimane emang?”
“Di kampung blakang tuh… Kasih aje neng, brape keq barangkali punya…”

Ya Allah… Bapak itu lagi kesusahan ternyata…
Tapi kenapa ya dia diem aja, cuma pegangan tembok, ga ada ciri2 minta dikasih sedekah…
Saye balik lagi, deketin Bapak itu… ternyata udah tua, baju nya bersih rapih, tandanya dia memang bukan pengemis… badannya kurus ringkih tapi bersih dan kulitnya putih.
Lagi2 mata panas, tanda aer mata mo netes *cengeeeeeeng!*
Tadi temen saye ada yg bayar utang n duitnye saye kantongin.
Ga banyak, cuman lima puluh rebu, tapi rasanye cukup untuk ke puskesmas, beli obat, beli makanan ama ongkos Bapak itu pulang.
ya sudah saya ikhlas in untuk Bapak itu.
Bapak itu siy ga bilang apa2, cuma menatap saye dg mata berkaca2
(duuuh... saye ga kuat untuk kaga nangis...)

Hari itu saye bener2 jadi murung… Lagi2 saye terpaksa meratapi kekurangan saye yg ternyata kaga bisa nulungin lebih dari itu.
Cuma bisa nambahin do’a tulus pada Allah, agar berkenan menjaga Bapak itu, memberikan kesehatan, dibebaskan dari rasa sakitnya dan dicukupkan masa tua nya…
Ya Allah… betapa banyak orang2 tua dan miskin yg masih terlantar di sekitar saye… Saye harus pegimane ya Allah… Saye kaga berdaya dan cuma bisa sedih netesin aer mata…

Malem nya, di kamar kost, belom mandi n ketiduran karna cape kerja n jengkel berat karna suatu kejadian
*tanya si Tyka kalo ada yg mao tau cerita nye…*
HP bunyi berkali2, tp saye kaga denger…
Jam 11- liwat pas mendusin, saye liat ada sms dari Tyka
*urusan kejadian itu*
dan sms dari Syarifah Said karib saye di kantor.
isinye : “Enyak gue meninggal, Nop…”

Huhuhuuu… Nyak Rogayah enyaknye si Ipeh udah kaga ada…!
Nyak Rogaye (saye nyebut beliau begitu) nyang orang nye lucu banget sering bikin kite ketawe terpingkel2, nyang punya khas lugu nye perempuan Betawi, nyang kalo cerite jaman dulu kaga ada abis nye, nyang punya istilah aneh2 untuk segale sesuatu,
nyang… nyang… nyang…
pokonye banyak banget nyang ada di diri Nyak Rogaye bikin saye betah ada di deket2 die…
Huhuhuuu… Nyak Rogayeeee… kenape buru2 pergi…?!

Emang siy Nyak Rogaye udah sebulan dirawat di RS Thamrin karna sakit komplikasi ini-itu… intinye karna die emang udah tua banget.
Ya Allah Nyaaaak… kelar juga urusan Enyak di dunia ini… tuntas juga segale sakit nyang Enyak derita sebulan ini
(Nyak Rogaye kliatan nye menderita banget karna sakit nye itu…)
Moga2 semua rase sakit nyang Enyak rasain selama ini menjadi penghapus semua kesalahan nyang pernah ada, ye Nyak…
Moga2 Nyak Rogaye disedia in tempat yg terindah di sisi Allah…

Saye tilpun si Ipeh n dia nangis terisak2 karna udah kaga punya Enyak lagi…
Saye pun ikutan nangis bareng die… Huhuhuuuu…
Lengkap lah sudah… kemaren saye nangis empat kali…
Cengeng banget lu jadi orang noooop…!

Label: , ,

 
posted by Sinopi at 14.25 | Permalink |


22 Comments:


  • At Sabtu, Agustus 04, 2007 4:59:00 PM, Anonymous mashuri

    Allah tidak melihat nilai rupiah yang kita sedeqahkan, tapi kelapangan hati untuk menyisihkan rupiah menjadi added value yang luar biasa....

     
  • At Minggu, Agustus 05, 2007 2:12:00 PM, Blogger Novee

    @ Pak Dokter
    amin, insya Allah...
    tapi dimana nenek itu sekarang ya Pak...

     
  • At Minggu, Agustus 05, 2007 4:21:00 PM, Anonymous w@hyu

    innalillah wa inna ilaihi rojiun..
    semoga Nyak Rogaye mendapat tempat yg layak di sisi-Nya ya Mpok..

    btw mulia sekali hati Mpok yg satu ini.. jarang2 lho ada orang yg niat banget nyisihin duitnya buat orang2 'kecil' seperti mereka di tengah kehidupan yg serba individual sekarang ini.. teruskan kebiasaan baik itu ya Mpok.. semoga Allah membalasnya dengan yg lebih baik lagi. betul kata Pak Dokter, tidak begitu penting berapa jumlahnya, tapi se-ikhlas apa kita memberikannya :)

    semoga Mpok Novi dimurahkan rejekinya ya..

     
  • At Minggu, Agustus 05, 2007 4:59:00 PM, Blogger Novee

    @ Wahyu
    yah Wahyu... saye jadi kaga enak niy
    kesan nye jadi riya... padahal sungguh kaga bermaksud begitu (astagfirullah al adzim... ya Allah ampunilah hamba Mu yg bodoh ini...)

    maksud saye, ada ga siy solusi untuk kelangsungan hidup manula2 kurang beruntung di negara ini?
    bukan kah fakir miskin dan orang2 terlantar ditanggung negara?
    lalu mana bukti nya?
    sedih Yu, ga bisa tahan tangis kalo liat yg gituan.
    secara saye tau persis gimana rasa nya ga berdaya karna ga punya
    *Wahyu niy, jadi pengen nangis lagi...*

     
  • At Minggu, Agustus 05, 2007 5:21:00 PM, Anonymous w@hyu

    wah, Mpok.. aku gak bermaksud nuduh Mpok Novi riya lho.. maaf kalo commentku ternyata membuat Mpok Novi 'tersinggung' :(

    justru postingan seperti ini bagus Mpok setidaknya menggugah yg lain untuk memiliki perasaan yg sama. kalo masalah riya mah yg paling tau hati kita kan DIA dan kita sendiri. biarin aja orang lain mau bilang apa ;)

    mana buktinya?! hihi.. semoga pengambil kebijakan di negara ini baca postingan Mpok :)

    btw kalo mau nangis, nangis aja Mpok.. gak ada yg ngelarang koq, gratis pula :D

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 6:45:00 AM, Blogger Nia

    innalillah wa inna ilaihi rojiun.. turut berduka ya Novee atas meninggalnya Nyak Rogaye.

    Semoga keikhlasan Novee membantu sesama mendapat balasan dr Allah, amin...

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 8:18:00 AM, Blogger Novee

    @ Wahyu
    heheee... dasar Wahyu, Wahyu...!

    @ Mpok Nia
    Amiiin... makasiy yeh Mpok

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 9:30:00 AM, Blogger bintang

    Hai Opi.

    Apa lagi yang lebih baik untuk ku katakan selain memohon kepada Allah semoga merahmati hidupmu, menambah rezekimu dan membuat hidupmu bahagia selalu.


    Berapa nilai uangnya, itu tidak penting, kerana si penerima itu sangat gembira... ya mata yang berkaca-kaca itu sangat gembira saat menerima anugerah Allah melalui tangan mu.


    Opi...Aku ambil masa yang sangat lama hanya tuk menulis kata-kata sesingkat ini.

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 11:13:00 AM, Blogger Eucalyptus

    Novee sayang,
    syukurilah rejeki lo walaupun menurut lo gak seberapa, tapi Alhamdulillah dari rejeki itu lo masih bisa menyisihkan sedikit buat orang2 yang membutuhkan. Insya Allah kebaikan lo akan dibalas oleh Allah SWT. Amin

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 1:56:00 PM, Anonymous indo

    semoga bagi mereka yang udah ga ada mendapat tempat yang layak di sisi Allah swt...amin

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 3:04:00 PM, Blogger Novee

    @ Iza
    makasiy banyak, ya
    kata2 mu yg singkat itu menyentuh perasaan di lubuk sanubari ku
    *lha koq jadi puitis begini...*

    @ Eucalyptus
    Ayu sayang....
    makasiy ya, amin...

    @ Dwi
    dan diampuni dosa2 nya amin...

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 3:16:00 PM, Blogger .:diah:.

    Subhanallah,, saya salut dengan Mbak... pemurah bangett jadi orang.. ikutan menitikkan air mata baca postingan mbak kali ini :(

    Smoga Ibu itu trus mendapatkan rejekinya,, Bapak itu cepet sembuh dari sakitnya,, dan Nenek itu tetap sehat slalu.. Amin..

    Trakhir,, SMoga Allah SWT. memberikan tempat trindahnya buat Nyak Rogaye, dan smoga teman mbak tabah menghadapi ini smua.. AMin.. Ya Robbal Alamin.. Al-Fatihah buat almh.

     
  • At Senin, Agustus 06, 2007 3:29:00 PM, Blogger Novee

    @ Diah
    wuaaa... kamu bikin aku terrrhaaaruuuuu...
    amin, makasiy ya Di...

     
  • At Selasa, Agustus 07, 2007 12:19:00 PM, Blogger LifeByYourHand

    berbahagialah kita, karena masih punya hati nurani..,Insya Allah apa yg kita lakukan bila Ikhlas dan Ridho, semua akan kembali ke kita..., amin..

     
  • At Selasa, Agustus 07, 2007 12:47:00 PM, Blogger Novee

    @ Yayang nya Bunda Ofa
    amin... insya Allah ye Bang...

     
  • At Rabu, Agustus 08, 2007 2:50:00 AM, Blogger ichaAwe

    ceritamu layak dijadikan renungan nov ...btw ... kita sama yah ... sama2 cengeng hihihihi ...

    moga Allah membalas setiap kebaikan kamu dengan surga ... amiinnnn

     
  • At Rabu, Agustus 08, 2007 11:16:00 PM, Blogger ndutyke/tyka82

    ya Allah mpoOok..

    maapkan saya! lama ga mampir kemari, tau2 kok ceritamu sudah sampe disiniiii... sedih pulaaakkk...

    *ikutan berkaca-kaca*

    semoga Allah mengamien-i doa-doa mu ya mpok :)

     
  • At Kamis, Agustus 09, 2007 8:14:00 AM, Blogger Novee

    @ Icha
    wua... ternyata kita sama cengeng nye...
    ketauan deh... jadi malu niy.

    @ Tyka
    nah tuh... satu lagi deh.
    emang Tyka kemana aja siy

     
  • At Selasa, Agustus 28, 2007 10:08:00 AM, Blogger Bunda Ofa

    Ya Allah... Alhamdulillah telah kau limpahkan pada kami rezeki yang halal, semoga selalu penuh barokah didalamnya, walau sedikit dengan berbagi karna Allah Swt.... Insya Allah, Allah akan melipat gandakan apa yang telah kita keluarkan...Amien..

     
  • At Kamis, September 06, 2007 4:22:00 PM, Anonymous heny

    cengeng banget seh lo'...katanya preman tanah abang...

     
  • At Kamis, September 06, 2007 4:23:00 PM, Anonymous heny

    seru juga nih...maen seharian ketempat lo...koment gak penting juga bisa naikin peringkat kan...hahhahaha..ketawa licik..

     
  • At Jumat, April 11, 2008 2:50:00 AM, Anonymous IrmaBuana

    Ya ampun terharu banget baca ceritanya. Salut sama kamu yang mau menyisihkan sebagian rejeki untuk orang yang kekurangan. Salut untuk kamu yang hatinya selalu bergetar melihat penderitaan orang lain.