Ujian Saringan Tiga Kali - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | CAMPING...! Plus Si Onet vs Jempol Gue »
| Hari Persahabatan »
| Lucu Yaaa...! »
| Extravaganza...! »
| Pantaskah Berharap Surga...? »
| Betawi Katrok Goes To Hongkong Part III (Tamat jg ... »
| Betawi Katrok Goes To Hongkong Part II »
| Betawi Katrok Goes To Hongkong »
Kamis, 05 Juli 2007
Ujian Saringan Tiga Kali
Di jaman Yunani kuno, Socrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanannya yang tinggi.

Suatu hari seorang pria berjumpa dengan Socrates dan berkata,
"Tahukah anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman anda?"

"Tunggu sebentar," jawab Socrates. "Sebelum memberitahukan saya sesuatu, saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian tersebut dinamakan Ujian Saringan Tiga Kali."

"Saringan tiga kali?" tanya pria tersebut.

"Betul," lanjut Socrates. "Sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan. Itulah kenapa saya sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Kali.
Saringan yang pertama adalah KEBENARAN.
Sudah pastikah anda bahwa apa yang anda akan katakan kepada saya adalah benar?"

"Tidak," kata pria tersebut, "sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada anda".

"Baiklah," kata Socrates. "Jadi anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak.
Sekarang mari kita coba saringan kedua yaitu : KEBAIKAN.
Apakah yang akan anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik?"

"Tidak, sebaliknya mengenai hal yang buruk".

"Jadi," lanjut Socrates, "anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi anda tidak yakin kalau itu benar.
Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya, yaitu : KEGUNAAN
Apakah apa yang anda ingin beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya?"

"Tidak, sungguh tidak," jawab pria tersebut.

"Kalau begitu," simpul Socrates, "jika apa yang anda ingin beritahukan kepada saya tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, kenapa ingin menceritakan kepada saya ?"

Sebuah panah yang telah melesat dari busurnya dan membunuh jiwa yang tak
bersalah
serta kata-kata yang telah diucapkan menyakiti hati seseorang...
keduanya tidak pernah bisa ditarik kembali...

Jadi sebelum berbicara, gunakanlah Ujian Saringan Tiga Kali, yaaa...

Label: ,

 
posted by Sinopi at 17.50 | Permalink |


13 Comments:


  • At Minggu, Juli 08, 2007 11:09:00 AM, Anonymous qq samudra

    hai,..ini bagus kan blognya,..salam kenal..udah cantik kok blognya sungguh cuman masih pake blogger lama ya,.salam kenal..

     
  • At Minggu, Juli 08, 2007 11:10:00 AM, Anonymous qq samudra

    hai ini blogna udah bagus kok cuman masih pake blogger lama ya..salam kenal..

     
  • At Minggu, Juli 08, 2007 2:25:00 PM, Anonymous mashuri

    baik, untuk sementara saya tidak akan mengatakannya...he..he..

     
  • At Minggu, Juli 08, 2007 3:04:00 PM, Blogger Novee

    alhamdulillah... terima kasih... tp ini templet nya hasil utak-atik Mpok Nia dari Singapur...

     
  • At Minggu, Juli 08, 2007 7:32:00 PM, Blogger ndutyke/tyka82

    waduh ini postingannya bagus bangged mbak... saya save, akan saya print dan insyaallah dipajang di tempat dimana bisa sering kebaca.

    maklum, lidah ini suka ga bisa ngontrol kl mo ngomong, suka seenak jidat. *jidat ama lidah bukannya lumayan jauh jaraknya yah? hihi*

    jd perlu banyak mengingatkan diri, yah salah satunya dgn cara baca postingan kyk gini :)

    nb: saya link ya mbak novee :D

     
  • At Senin, Juli 09, 2007 5:31:00 PM, Blogger Novee

    @Mashuri
    Yaudah, gapapa kalo ga mau bilang apa2... Tp nanti kalo mo tiba2 ada panggilan alam n pingin numpang ke toilet harus bilang yah, ga asik ah kalo tau2 ngompol di blog saya heheee... *becanda.com*

    @Neng Tyke
    Nah... ini blogger favorit saya...
    Koq mau2nya ya, dia nge print n majang postingan kaya gini.
    Ya sudah lah, maksih atas penghargaan (halah, belebihan) yg diberikan kepada saya ya...
    Postingan2 di blog mu bagus2 banget, aku ampe ngabisin waktu berlama2 di sana. Sayang ga disedia in teh manis ama roti bakar *ini mah kebiasaan si Zawa...*

     
  • At Sabtu, Juli 14, 2007 11:11:00 AM, Anonymous w@hyu

    terima kasih atas postingannya yg sangat bermanfaat ini. betul banget. seharusnya sebelum ngomong apa pun kita terlebih dahulu harus mikirin apa manfaatnya. kadang sebuah omongan yg kita anggap biasa ternyata luar biasa buat orang lain. kadang sebuah pertemanan hancur hanya karena omongan yg gak dipikirin sebelum diucapkan.

    *sering2 ya posting tulisan yg bisa 'mengingatkan' spt ini :)

     
  • At Sabtu, Juli 14, 2007 12:05:00 PM, Blogger Novee

    @wahyu
    sering-sering...? mmm... mau nya sih gitu Yu

     
  • At Rabu, Juli 18, 2007 5:03:00 AM, Blogger Dwi Indo.NL

    @mbak Novee...ada trusanya ga sih :))

     
  • At Rabu, Juli 18, 2007 7:53:00 AM, Blogger Novee

    @Dwi
    ada dong... klik READ MORE yah

     
  • At Sabtu, Agustus 11, 2007 4:06:00 PM, Blogger .:diah:.

    kereennn!! saya suka deh mbak..

    Insya Allah, mulai sekarang harus ingatin diri sendiri buat "UJIAN 3 SARINGAN"!!!

    makasih buangettt yaa mpok :)

     
  • At Sabtu, Agustus 11, 2007 7:24:00 PM, Blogger Novee

    @ Diah
    SIP!

     
  • At Kamis, September 06, 2007 5:13:00 PM, Anonymous heny

    Think twice or more...sebelum melakukan hal yang bodoh dan merugikan orang lain...ciyee...sekarang dah koment yang keberapa yah...