CAMPING...! Plus Si Onet vs Jempol Gue - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | Hari Persahabatan »
| Lucu Yaaa...! »
| Extravaganza...! »
| Pantaskah Berharap Surga...? »
| Betawi Katrok Goes To Hongkong Part III (Tamat jg ... »
| Betawi Katrok Goes To Hongkong Part II »
| Betawi Katrok Goes To Hongkong »
Selasa, 03 Juli 2007
CAMPING...! Plus Si Onet vs Jempol Gue

Hari Sabtu tgl 30 Juni kemaren, saye kemping ke Cidahu di Gunung Salak sana. Bukan dalam rangka ga mao kalah ama Zul lho… Tp ini emang program week end kantor saye (liburan trooozzz)
Temen2 sebagian berangkat dari malemnye, sisanye pagi2. Ada yg bareng2 kumpul dulu di kantor, ada juga yg langsung dari rumah. Pokoknya dibikin enak aje deh, biar gada beban & bisa having fun.
Begitu jg dg saye, biar bisa dibikin enak, saye baru brangkat jam 3 sore (hehe…) Bukan bermaksud sok beda dg yg laen, tp berhubung hari itu trakhir saye tinggal di kost yg lama, jd saye kudu packing barang2 yg msh nyisa… tv, dispenser, kasur, bantal-guling n baju2. Wuaaa… kebayang kan, cape nya kaya apa?!

Setelah semua beres (akhirnya!) saye ke Stasiun Jakarta Kota untuk naek KA Pakuan Express. Halah, bodoh bener deh, pdhl lokasi saye kan deket Stasiun Gambir, ngapain jauh2 ke Kota sgala kan??? Hari Sabtu, macet pula. Syukurnya udah ada Busway Trans Jakarta (makasih ye Bang Yos…) 10 menit doang nyampe Stasiun Kota. Ga kebayang deh kalo harus naek taksi… udah mahal, 1 jam pun belum tentu sampe sana! Apalagi kalo nekat naek mikrolet 08… panas, macet, ongkosnye cuman beda gopek (500 perak doang) dg Trans yg dingin ber AC, trus nyampe nye…? Au ah, gelap!

Dasar nasib lg bagus, begitu dapet tiket, baru aja naik ke kreta, eh kretanya langsung jalan. Dan ternyata salah rute kali ini (ke Kota dulu bukan langsung ke Gambir) ada hikmah nya juga : saye jd dapet duduk nih. Coba kalo td dari Gambir… bediri, bok! Lagi cape abis pindahan gini, kudu bediri 1 jam??? Bisa encok!
Lumayan bisa molor di kreta stengah jam-an, ampe Stasiun Bogor jalan dikit ke Taman Topi trus naek angkot 03, janjian ama Mpok Rini, sohib saye, ketemu di MP (Macaroni Panggang yg ngetop di Bogor itu lho…) Trus dari situ dianter suami dan anak2nya (Naufal & Aldy) ke lokasi.

Wuaaa… ternyata jauh banget! Dari Cicurug pertigaan papan reklame Javana Spa kira2 12-an km deh. Jalan nya nanjak, sempit dan berliku. Makin jauh makin gada tanda2 kehidupan (halah, hiperbola banget!) Sempet bertanya2 jg sih… kita nyasar ga nih…? Tp akhirnya nyampe juga di Bumi Perkemahan Cangkuan milik Dinas Perhutanan yg bersebelahan dg Perkemahan Batu Tapak milik Yulius Fanimbus (harga nya sama sih, 1 org Rp. 10.000,00) Di lokasi 20 tenda udah dipasang, ada satu tenda yg gede banget, pinjem punya tentara buat posko kita2 tempat kumpul, nyanyi2 n ngemil…
Asik jg sih, ada rebus2an (kancang, jagung, pisang, ubi, tales) ada sate kambing & ayam (ini sih pesan di warung, bukan bakar sendiri) ada macem2 kripik dari kripik singkong ampe opak buat yg hobi kletak-kletik, ada jeruk, pisang dan… DUREN RANCAMAYA satu kardus gede! Yg ini sumbangan dari org wilayah, gatau siapa…

Lho koq ga kaya kemping nih… Tidur emang ala tenda, tp makanan yg ngampar tadi koq ga mirip makanan org kemping ya… Udah gitu ada yg bawa organ tunggal sgala… Halah, bener2 bukan kemping nih… Asli bukan kemping! Tp bodo amat lah, yg penting semua hepi kan? Gada yg sedih kan? Emang sih kayanya kita kalah seru dg kelompok tetangga di lapangan sebelah (di Cangkuang ada 3 lapangan kemah) yg sepertinya mereka asli kemping… duduk bikin lingkaran mengelilingi api unggun sambil nyanyi2 gitaran, walopun sepertinya mereka juga ga bakar2 sesuatu untuk dimakan, cuman kayu thok. Menunya ya kacang kulit & keripik juga.
Terserahlah, mo kemping ala mana keq, yg penting judulnya KEMPING, ada tenda nya. Kalo gada tenda berarti bukan kemping. Setujuuuu??? Awas lho kalo ga setuju…!
Ternyata kita punya api unggun jg lho… Rekan kita berhasil jg bikin api unggun. Akhirnya jadi deh makan jagung bakar, singkong & pisang. Nah… makin udah pas kaya lg kemping kan? Heheheee…

Singkat cerita, pagi nya skitar jam 6-an kita siap2 brangkat ke Kawah Ratu. Katanya sih perjalanan skitar 3-5 jam (glek!) kalo mo naek ke Gunung Salak bisa 8 jam-an deh.
Jalur yg ditempuh awalnya berupa batu2an yg ditata rapi, trus masuk hutan tropis yg lebat dg pohon2 besar. Jalan nya bervariasi, kadang datar, naik n turun.
Lewat dari sini jalurnya mulai lembab & basah, musim hujan kaya gini sudah pasti banyak lintah (asli!) kita jg ngelewatin beberapa sungai kecil yg kayanya kering pas musim kemarau. Setelah itu kita jg lewatin jalur yg banyak pohon pisang, tp jangan harap bakalan nemu buahnya karna udah keduluan monyet. Katanya disini kalo sore banyak monyet gelantungan di sarang nya (hiiiyyy… takut ah!)

Lepas dari jalur pisang, kita masuk ke jalan becek berlumpur & banyak lintah (selalu…) di beberapa bagian terdapat tanah licin dan curam. Tp jangan khawatir karna kita masih tertolong akar2 pohon. Nah, disini kita nemu sungai yg jernih.
Lewat dari sungai itu, jalur makin curam. Musim ujan gini pastinya licin banget karna jalurnya berupa tanah merah dan yg jelas lagi2 harus hati2 karna banyak lintah! Di lokasi sini ada 2 sungai yg jernih dan asal tau aja, ini merupakan sumber air bersih terakhir.
Setelah dua sungai ini kita bakalan nemu persimpangan jalan. Kalo mao ke Kawah Ratu ambil yang kiri, sedang kalo ke Gunung Salak ambil yg kanan. Dari sini ke Kawah Ratu sekitar 1 jam lagi deh.

Kawah Ratu terdiri dari tiga kawah besar : Kawah Ratu itu sendiri (paling besar & msh aktif yg secara berkala mengeluarkan gas belerang), Kawah Paeh (kawah mati) dan Kawah Hurip (kawah hidup) Ati2 deh, kalo ada di kawasan kawah ini, soalnya di kiri-kanan banyak letupan2 kecil dari kawah aktif yg suhunya amat sangat panas. Ada jg sih yg hangat, dan beberapa org malah mandi disitu (kaya nya ini khusus untuk org yg punya problem penyakit kulit ato mao putihin badan…hihiiii…)
Kalo saye sih ga deh, bau nya ga enak gitu. Lagian ngeri jg kalo kecipak-kecipuk disitu, pas naik dari air tau2 tinggal kerangka (halah, emang nya di kartun…!)

Di Kawah Ratu smua pada sibuk berfoto ria, ada yg pake HP ato kamera digital, tp ada yg aneh lho… Aneh banget! Masa dalam waktu bersamaan, setelah ngambil 2-3 kali gambar, smua HP dan kamera digital tiba2 mati. Ko’it! Off! Ga ngerti kenapa, pdhl rata2 batre nya full koq dah gitu kenapa matinya barengan? Wah, ga ngerti deh… Masa sih belerang bisa nyedot batre ampe tiba2 pd lowbatt? Ada yg bisa jelasin secara logika ga? Masa sih ada mistik-mistikan di sekitar sini? Hiiiy, takut ah… Bangun-banguuun, makan nasi ama ayam bakar, pepes ikan mas, rendang padang & jus jeruk (lho?!) Langsung aja deh pada bubar, dari pada ada apa2…

Turun dari sini waktunya lebih cepet dari nanjak pas pergi tadi (wajar!) Tp nya lebih cape karna kaki kan harus nahan laju jalan yg kaya meluncur bagai lagi es skating di Gunung Himalaya (kaya tau aja…!) Ya gitu deh, sampe di tenda, istirahat, makan, bersih2, sholat trus kemas2. Abis itu kita smua balik ke Jakarta. Saye kangeeennn ama kamar baru…!

Biasa nya nih, kalo brangkatnya kaya jauuuuhhh banget, pulang nye brasa cepet. Tp khusus perjalanan kali ini, pulang nya tetep aje brasa jauuuuhhhh banget. Knapa yak? Rute perjalanan pulang saye mampir ke rumah Mpok Rini dulu di Indraprasta, ngobrol ngalor-ngidul di teras rumahnya yg asri & bernuansa etnik emang bikin betah. Apalagi ditemenin tape goreng yg wuennnaaakkk banget! Ga kematengan, jd manisnya pas! Ga sadar, tau2 udah ngembat 5 potong (ga sadar apa rakus...?!)

Lagi asik ngobrol, eh si Onet kucingnya Naufal ngedeketin saye. Hiiiyyy terus terang aje nih, saye kaga demen ame kucing. Sebel deh pokoknye. Tp sepertinya si Onet nih demen banget ama saye. Die ngintilin mulu kemane pun saye pergi. Gile nih kucing… maunye ape sih? Pas saye duduk karna nyerah hindarin di Onet, tu kucing ngeliatin jempol saye dg tatapan penuh arti, kaya kelaparan. Sepertinya die berminat sekali dg jempol saye. Gawat nih, sekarang sih urusannya udah beda lagi. Kalo cuma diikutin sih masih lucu, tp kalo pake acara gigit jempol, wah… saye kaga terima! Jempol cantik dan terawat gini, mana pantes jadi makanan kucing. Ini menghina namanya…

Untungnya Naufal datang bawa ikan, walhasil jempol saye selamat dari kunyahan kucing aneh itu. Si Onet pun jadinya luput dari tuntutan hakim di meja hijau karna perkara emut jempol yg terjadi di TKP (kisah ini berlebihan sekali tampaknya…)
Dan terbukti, begitu selesai makan, si Onet udah ga berminat lagi dg jempol saye, menatap saye pun ogah. Bete deh, baru kali ini kucing melengos ngeliat saye…!
Yang bersangkutan malah leyeh2 kekenyangan di bawah meja dan tanpa prasaan melenggang cuek ke depan pintu langsung tidur pules. Dasar kucing…!

Ga lama saye balik ke Jakarta naek Pakuan Express lagi. Dan lagi2 nasib baik masih bersama saye, karna begitu naik kreta lagi2 kretanya langsung jalan. Sampe kamar baru (swit-swiiit…) yg sepertinya nyaman bener, saye langsung klenger tanpa sempet ganti baju. Jam 02.00 dini hari tiba2 aja siuman… Halah, koq tidur masih bawa2 ransel gini sih…???!!! Langsung ngacir… mandi! Hah? Pagi buta mandi? Ya iyalah… dekil gitu lho! Abis itu tidur lagi deh ampe pagi. Gile bener… nikmatnya dunia…! Alhamdulillah...

Label:

 
posted by Sinopi at 08.07 | Permalink |


16 Comments:


  • At Rabu, Juli 04, 2007 10:24:00 AM, Anonymous mata

    kapan ya bisa camping... lama banget ngga tidur dihutan :p

     
  • At Rabu, Juli 04, 2007 1:48:00 PM, Anonymous zuls_design

    Hehehehehe.. gak mau kalah nih yee..
    kapan kapan gimana kalau camping bareng :)

     
  • At Rabu, Juli 04, 2007 5:55:00 PM, Blogger aLe

    iya, sepakat ama zuls, kpn neh brngkt brng2 ^_^

     
  • At Kamis, Juli 05, 2007 2:27:00 PM, Blogger Mama Rafi

    wah enaknya msh bs camping, prasaan sy terakhir camping dah lamaaaaaaa bgt wkt jaman smp pas msh aktif di pramuka :D

     
  • At Kamis, Juli 05, 2007 4:41:00 PM, Anonymous Rodrigo

    Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira.(If you speak English can see the version in English of the Camiseta Personalizada. Thanks for the attention, bye). Até mais.

     
  • At Kamis, Juli 05, 2007 5:08:00 PM, Blogger bintang

    Haha, Novee pedulikan spam comment seperti ini. Bukan sahabat mu tuh. Jualan kali ye. Entah bahasa apa tu, latino kali kerna ada passo passo quando quando nye. Hehehe.
    Harusnya kamu buat spam protection di sini. lihat di settingnya.

     
  • At Jumat, Juli 06, 2007 1:56:00 AM, Anonymous andalas

    ada hubungannya juga ya dengan pepaath yang mengatakan

    "masih ada harapan sembuh, jika pedang melukai tubuh.
    Kemana obat hendak di Cari, jika kata melukai hati"

     
  • At Jumat, Juli 06, 2007 6:33:00 PM, Blogger Novee

    @Mata
    mau ngapain tidur di utan Ta... Kalo kemping kan tidurnya di tenda *halah, ga lucu...*

    @Zul
    tuh kan, dibilang gamao kalah deh...! Kemping bareng dimana? Brawijaya? Heheee...

    @aLe
    Ikut2 aje lo... Cari ide laen dong... *huaaa*

    @Mama Rafi
    Wah, wkt SMP ikut pramuka jg ya, sama dong... Brarti persami tuh...
    Mama Rafi sibuk terus, nih

    @Bintang
    Au ah, gelap... Begini aja udah sukur. Hihiii

    @Andalas
    Prasaan komentarnya ga nyambung ama Camping deh...
    Oh, mungkin ini untuk koment di postingan setelah ini ya.
    Oooohhh... iaya, iya, baru ngerti deh.
    Thanx lho.

     
  • At Minggu, Juli 08, 2007 1:27:00 AM, Anonymous andalas

    Lho.... jadi aku salah ruang nihhh...

    rrrrrrggghhh.... tidakkkk

    maluuu akuuu *jedot2inkepala*

    aku kan liatnya tuh judul ujian saringan tiga kali, aku aja kaget liat komen diatas, apa hubungannya socrates sama camping.

    ternyata oh ternyata aku nya yang nyasar... hehehehee

     
  • At Minggu, Juli 08, 2007 3:07:00 PM, Blogger Novee

    @andala
    ih, kebiasaan deh nih orang, kadang suka belebihan. makanya jidatnya jd benjol2 deh... ntar kalo do'i nya ga ngenalin gimana...
    *kabur*

     
  • At Selasa, Juli 10, 2007 12:58:00 PM, Blogger ndutyke/tyka82

    kemping? ada fasilitas kamar mandi bersih ga? sama tempat tidur yg nyaman-hangat dan bebas serangga?

    mau kalo itu...IKUUUTTT...

    hehehe :p

     
  • At Selasa, Juli 10, 2007 5:46:00 PM, Blogger Novee

    @Tyka
    Kl kmr mandi bersih ada atuh Neng Tyke... soalnye ini bukan tempat kemping yg beneran kemping (kemping manja kali yeh judulnye...) tp kl tpt tdr yg hangat nyaman bebas serangga sih ga ada. Neng Tyka ke Javanas Spa aja kalo gitu, ga terlalu jauh koq. Kaya nya asik tuh... (perlu_dicoba.com)

     
  • At Sabtu, Juli 14, 2007 12:16:00 PM, Anonymous w@hyu

    waaaa.. jadi pengen kemping lagi nih. udah lama banget gak kemping. terahir waktu masih SMU berpuluh2 tahun yg lalu.

    btw perjalannya panjang juga, hampir sama panjangnya dengan postingan kali ini :D
    seru banget euy.. kapan2 kalo mau ke kawah ratu ajak2 dong. mau nyobain mandi di situ *tapi bukan berarti ada masalah dengan kulit lho* ;)

    ttg kamera itu koq serem yah. masa' kompakan mati gitu. yg pernah aku dengar sih kalo ngambil gambar di daerah 'terlarang' biasanya hasil fotonya malah gak ada. blank doang. kira2 teorinya gimana tuh :D

    btw si Onet koq gak diajak aja sekalian nengokin kamar baru. lumayan kan ada yg nemenin..
    anyway, selamat ya atas kamar barunya. semoga betah :D

     
  • At Sabtu, Juli 14, 2007 1:59:00 PM, Blogger Novee

    @wahtu
    ngaku ajalah Yu... kalo gada masalah dg kulit pasti pingin mutihin badan. ya kan?
    nah, makanya kami langsung ngibrit, takut penghuni nya minta ditemenin
    aku GA PERNAH suka kucing. makanya aku benci banget si onet ky kesurupan gitu ngintilin aku kemanapun dg tatapan nanar n berminat ngunyah jempolku

     
  • At Kamis, September 06, 2007 5:14:00 PM, Anonymous heny

    duh enak tuh camping...terkahir kali camping pas kelas 3 SMA...bubaran OSIS...duh jadi kangen...

     
  • At Sabtu, November 22, 2008 5:32:00 PM, Anonymous sambis

    salam kenal
    sekedar membagi Informasi, kami dari TENDAKU Bandung membuat dan menjual berbagai macam tenda,
    menerima pemesanan tenda dengan ukuran, model & design yang variatif (sesuai pemesan).
    untuk Informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di :
    http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    terimakasih..