Ape masih butuh Allah tulungin kite di kala suseh..? - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | Hari ini ada yg ulang tahun.. »
| Selamat Datang Ramadhan 1429 H »
| Jeruk Salak??? Kopdar Teruzz! Makan Teruzz! Tag Te... »
| Babe saye punya dua cucu baru lho.. »
| Ngiler kue tart yg enak..! »
| Dirumah.. Tidur.. Sendiri.. »
| D I C A R I : R E L A W A N »
| Blogger Brotherhood : Care & Fair..! »
| Akhirnya Ketemu Juga! »
| Sempurna, Tapi Bukan Aku! »
Senin, 08 September 2008
Ape masih butuh Allah tulungin kite di kala suseh..?
Sedang kite ngulurin tangan buat nulungin orang laen kaga mao..!

Kaga bermaksud sok paling paham nih ye, tp tau ga.. saat ada orang dateng buat minta bantuan ato pengemis nadahin tangan mohon sedikit rejeki, bisa jadi itulah kesempetan yg Allah kasih ama kite buat nulungin orang laen, sehingga Allah juga berkenan nulungin kite pas giliran kite suseh..
Mungkin ini artinye kalo masih butuh ditulung Allah, jangan pernah nolak buat nulungin orang laen..

Allah lah yg udeh gerakin hati orang untuk datengin kite demi sebuah pertolongan yg bisa kite usahain.. Allah lah yg nuntun langkah orang itu untuk jumpain kite..
Bisa aje orang itu dateng pada orang laen, bukan kite. Tapi Allah udeh milih kite untuk nulungin die. Allah kasih kite kesempetan itu karna rahmatNya..
Ape pantes kite sia-siain kesempetan itu..?

Kadang kite ini kalo sedekah seringkali berprasangka & sibuk ngitung dg alesan kite sendiri juga masih suseh..
Padahal katanye nih kalo kite mao nulungin orang laen di saat kite suseh, justru itulah makna keikhlasan yg sesungguhnye..
Di saat kite mampu lalu nulung orang laen itu mah hukumnye wajib, tp kalo pas kite lagi suseh..? Brarti nulungin orang laen pada saat suseh bisa dibilang perbuatan yg istimewa kan..?
Jadi kaga usah bahagia dulu lah kalo ditakdirin jadi orang kaya..
Dan jangan pernah kecil ati kalo takdir kite idup blangsak..
Semua ade hikmahnye yg intinye adalah ngasih liat wujud nyata kebesaran Allah berupa kasih sayang Allah pada mahluknye..

Kite ini punya ape sih? Apa yg nempel di badan kite nih cuman pinjeman, semua mutlak milik Allah yg suatu saat gampang aje diambil lagi kalo Allah mao..
Tinggal pilih dah, mao pake cara baek2 ato diambil paksa..
Hah? Dipaksa..? Maksudnye..?
Heheee.. simpel aje sih.. dg baek2 itu ya liwat ‘kesempetan’ yg udeh saye bilang di atas tadi, sedangkan dipaksa itu bisa jadi dalam bentuk musibah.. Naudzubillah..

Masihkah kite kaga mao sedekah..?
Masihkah ati kite keras kaya batu sampe kaga tergerak buat ngulurin tangan demi nulungin orang laen ato nyisihin sebagian rejeki..?
Siap kaga kalo suatu saat Allah murka & ngambil paksa semua milikNya yg kite pinjem..?

Plis deh! Hari gini masih aljabar ajah! Ngituuung mulu..
Astaghfirullah.. Ama Allah jangan pernah itung2an..
Kaga bermaksud sok tau, sok lurus, sok bener apalagi sok dermawan ye.. tapi saye sering banget denger omongan ini saat pengemis nyamperin kite..
Masih seger udeh minta2..
Dasar pemales, kebiasaan tuh..
Ngapain ngasih, bikin dia keenakan kaga mao kerja..

(dan masih banyak kalimat laen yg sejenis..)

Yaelaaah.. udah kaga mao ngasih, pake bonus ngedumel segala..
Apa kaga kepikir kalo itu artinye rugi dobel..?
Rugi karna kite udeh sia2in kesempatan Allah dg nulungin orang laen supaya ntar Allah juga mao nulungin kite pas lagi suseh dan rugi karna kite dapet bonus kerutan baru di muka karna sibuk ngedumel.. Wedew..!

Masalah orang itu pemales, masih seger, kebiasaan, keenakan dll itu sih urusan dia ama Allah, sedang urusan kite nih gimane cara manfaatin kesempatan Allah dengan maksimal.
Titik ampe situ, jangan kite cemarin dg hal yg bakalan ngurangin bahkan ngilangin nilai ibadah kite di catetan Allah.

Saye juga pernah denger kata2 ini lho..
Ada yg lebih pantes kite kasih koq.. Panti Asuhan, Rumah Jompo dll. Kalo mao sedekah mendingan ke situ aja, ngapain ngasih pengemis kaya gini..

Ampun deh! Helooow.. syape sih luuuuuu..?
Kalo emang kaya raya sih masih pantes kalo ngomong gituh, nah timbang urat mlarat idup blangsak tujuh turunan pake begaya mo nyantunin yg begonoan..
Dikasih kesempatan pake cara yg gampang malah nyari yg ribet..

Allah paling tau siape kite, makanye Allah adil dg ngasih kite kesempetan dg takeran yg sesuai kemampuan kite masing2.
Timbang ngasih serebu perak doang ato bagus lagi kalo bisa ngasih goceng-ceban, koq kayanye berat amat..!
Tp kalo emang dasarnye pelit mah jangan pake alesan mending ngasih ke panti..!
Ini bukannye ngeremehin kemampuan orang suseh yg beneran punya niat mulia mo nyumbang ke panti lho ye..
Kalo beneran bisa dibuktiin sih bagus, syukur alhamdulillah dah tuh.. Tapi kalo cuman ngomong doang?
Coba pikir deh, pantes kaga sih kite ujug2 dateng ke panti ngasih serebu perak..? Ato sratus rebu lah..
Emang sih sedekah tuh boleh brape aje sesuai kemampuan & keikhlasan, tapi ape salahnye kalo dipantesin supaya yg nerima juga berasa manfaatnye..
Kalo emang kite mampunye ngasih dikit, yaudah kasih aje tuh yg ada di depan mate, yg dateng nyamperin kite..
Biar dikit kalo sering pan ahirnye banyak juga.
Timbang ngayal nyumbang yg gede buat panti, tapi duitnye kaga ngumpul2 ato sekalinye duit ngumpul tau2 kite lupa ngasih, ato kite kaga ada umur buat nyumbang..?
Brabe kan tuh.. Rugi seumur2 dah.. Bakalan nyesel kaga ada abisnye..

Makanye.. mumpung Ramadhan, bulan spesial dari Allah yg banyak bonusnye, mending kite banyakin sedekah karna pahalanye bakalan Allah lipet gandain..
Ibaratnye kite kerja segitunye banting tulang stengah mati kringetan ampe kolor demi ngumpulin bekal buat mudik pulang kapung yg cuman brape hari doang, masa kite kaga mao usaha ampe segitunye juga demi ngumpulin bekal buat mudik ke ‘kampung akherat’ dimane kite kaga bakalan balik lagi ke dunia alias tinggal selamanye di sono..

Semoga kite termasuk orang yg Allah kasih kesempetan buat nulungin orang laen, sehingga kite punya bekal yg banyak biar bisa bahagia atawa hepi ending di akherat ntar..

Label: , ,

 
posted by Sinopi at 05.39 | Permalink |


54 Comments:


  • At Senin, September 08, 2008 9:08:00 AM, Anonymous inos

    terima kasih ya mpok udah ngingetin kita2.. moga2 dapet pahala berlimpah dari Allah SWT. amin.

     
  • At Senin, September 08, 2008 10:29:00 AM, Blogger iza~de~bintang

    hurmmm :)
    Semoga sahabat ku yang baik hati ini sentiasa dilimpahi rahmat oleh Allah swt...

     
  • At Senin, September 08, 2008 10:38:00 AM, Anonymous Eucalyptus

    Ck ck ck, makasih pencerahannya ustadzah... he he he... emang lo top dah

     
  • At Senin, September 08, 2008 11:33:00 AM, Blogger Anang

    wuih dapat pencerahan dimari. ya kalo mo derma ya ga usah pake acara ngitung2. jadinya malah kliatan pelitnya... tul gak

     
  • At Senin, September 08, 2008 12:45:00 PM, Anonymous Hendrawan

    kadang saya malu, karena berat untuk sedekah kalo lagi dikit duit..

     
  • At Senin, September 08, 2008 1:00:00 PM, Blogger Orenk

    Sodaqoh yang ikhlas dapat menjauhkan kita dari bala dan musibah, Insya Allah.
    mbak tukeran link ya..?

     
  • At Senin, September 08, 2008 1:35:00 PM, Blogger Rezki

    amiiinn

     
  • At Senin, September 08, 2008 2:11:00 PM, Anonymous herry

    dan semoga dibulan suci ini kita bisa mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya dimana bulan suci ini pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu akhirat ditutup serapat-rapatnya....

     
  • At Senin, September 08, 2008 3:28:00 PM, Anonymous wempi

    walaupun jarang sholat, jarang bersedekah.
    tetap aje kite masih butuh Allah tulungin di kala suseh..

     
  • At Senin, September 08, 2008 3:49:00 PM, Anonymous Felika Nanda

    Wueh tumben nih Mpok novee mendadak religi hihih makasih awardnya ya mpok..

     
  • At Senin, September 08, 2008 6:00:00 PM, Blogger JoVie

    waduh...ikut pengajian ama Mpok Novee nih...
    hihikz...

    ●●PeAcE●●
    ☆┌─┐ ─┐☆
     │▒│ /▒/
     │▒│/▒/
     │▒ /▒/─┬─┐
     │▒│▒|▒│▒│
    ┌┴─┴─┐-┘─┘
    │▒┌──┘▒▒▒│
    └┐▒▒▒▒▒▒┌┘
     └┐▒▒▒▒┌┘
    ●●LoVe●●

     
  • At Senin, September 08, 2008 11:12:00 PM, Anonymous indo

    Telaaaaat ga' jadi yang pertamax...:)

    Nop...lo ga' kenapa-kenapan khan....kekekek :D

     
  • At Senin, September 08, 2008 11:33:00 PM, Anonymous arielz

    nice posting mpok
    pencerahan banget buat ane
    iye emang bener mpok, kalo mo sedekah ya sedekah aja, ga usah milih2 yg mo disedekahin

     
  • At Selasa, September 09, 2008 12:05:00 AM, Anonymous kurt

    ALhamduilah ada es krim dikala haus menyergap
    ada nasihat bijak dikala deru mesin keegoan... makasih atas pencerahan yang membumi ini.

     
  • At Selasa, September 09, 2008 12:09:00 AM, Anonymous Kurt

    Lucu keren abis nasihatnya, kayanye pantes nih kalau diundang ceramah pengajian buat ibu-ibu di majlis ta'lim seperti di Asyafi'iyah... bakalan banyak yang nyimak ... :D

     
  • At Selasa, September 09, 2008 12:39:00 AM, Blogger Novee

    #Kurt
    huaaaa.. kaboooooorrrrr..!!!

     
  • At Selasa, September 09, 2008 2:19:00 AM, Anonymous Super Bimo

    hmmmm...

    mancing nyok ncing haji...

    hihihihi...

     
  • At Selasa, September 09, 2008 2:25:00 AM, Blogger Novee

    #Bemo
    mancing konde aje sono lo ama pa'de nye Sularyok...
    kekekekkk

     
  • At Selasa, September 09, 2008 6:42:00 AM, Blogger azhar

    Kalopun kita pelit atau sejahat apapun, Allah masi mau nulung kok. Masalah pahala dan dosa ntar itung2annya di akhirat sana.
    :-)
    Tapi ya malu lah kalo dikit beramal tapi ngarepin pertolongan di kala susah.

     
  • At Selasa, September 09, 2008 7:09:00 AM, Blogger Liza

    wadoooo...tumben ni ceramah mpok.
    makasih udah diingetin, istighfar...

     
  • At Selasa, September 09, 2008 8:15:00 AM, Anonymous HeNy

    hohoho...preman berhati mesjid kaya gini nih...tapi postingan lo emang selalu TOB...

     
  • At Selasa, September 09, 2008 9:07:00 AM, Blogger Baka Kelana

    Amiin...Ceramahnya yahuttttttttttt banget...bisa dinobatkan jadi ustadzah blogger atau dai nya blogger nich.
    Sesuai dengan kata pepatah berbuat baik jangan ditunda-tunda.
    Dari Aceh saya ucapkan salam kenal ama mbak noviee yang paling ngetop gaya nulisnya paling kocak bahasanya paling bisa narik pembaca dan segalanyaaaaaaaaaaaaaaaaa...selamat menunaikan ibadah pusa semoga selamat sebulan penuh....jgn ampe keinggalan puasanye

     
  • At Selasa, September 09, 2008 11:14:00 AM, Anonymous eivengusky

    berbagi kepada sesama tidak harus bulan ramadhan saja kan..,ada baiknya apa yang kita beri kepada mereka yang membutuhkan itu semua hanya karna Allah semata..
    masalah pahala ato apapun itu biarkan menjadi rahasia Allah toh akan lebih bagus lagi bila tangan kanan memberi tangan yang kiri gak harus tau..
    sebagai seorang muslim wajib bagi kita agar bisa memberi semampu kita kepasa orang yang membutuhkan..gak usah dilihat nominalnya tapi ihklasnya.

    wah kepanjangan nih komennya :)

     
  • At Selasa, September 09, 2008 5:17:00 PM, Anonymous Gelandangan

    wahhh pencerahan yg bagus mbak
    terima kasih artikelnya

     
  • At Selasa, September 09, 2008 5:23:00 PM, Blogger Novee

    #Eiven
    memang TIDAK HARUS.. kan saya juga ga blg gitu..
    tapi, ini mumpung moment nya tepat, ramadhan, dimana segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya.
    ga salah kan, untuk mengingatkan jgn sampe merugi GA DAPET APA2 saat ramadhan, pdhl inilah moment TERHEBAT sebagai wujud nyata KASIH SAYANG ALLAH pada umatNya, kesempatan mengumpulkan bekal pulang ke kampung akherat, kehidupan yg sebenarnya, karna kita bakalan kekal & ga bisa balik ke dunia..

    tentang kata2 'hanya karna Allah semata' dan 'pahala yg rahasia Allah' saya memang sedang mempersiapkan untuk postingan berikutnya..
    peace..!

     
  • At Selasa, September 09, 2008 11:47:00 PM, Blogger Masciput

    jelas butuh banget! tapiNya kita bukan apa2 !

     
  • At Rabu, September 10, 2008 2:17:00 AM, Anonymous Anonim

    waaaaa, lagunya ganti :) horeeeee...
    btw mpok... bener banget nih tausyiahnya, makasi banget :)

     
  • At Rabu, September 10, 2008 2:29:00 AM, Blogger Novee

    #Dudi
    koq tau lagunya ganti..? baru sempet ganti, aplodnya juga lama banget ampe kriting!
    siap2 aja deh, ada 12 tuh.. *pantes lama!* xixixixi..!

     
  • At Rabu, September 10, 2008 5:26:00 AM, Blogger travellous

    Hiks...kesini di bulan ramadhan langsung dapet tausyiah dari mpok novee. Hehehe mencerahkan Nov!

    Btw, klo mau sedekah, saya siapkan rekening saya si musafir untuk di kirim ! Hahahaha!

     
  • At Rabu, September 10, 2008 8:54:00 AM, Anonymous Abi Bakar

    alhamdulillah pagi2x gini sudah dapet siraman rohani:)

     
  • At Rabu, September 10, 2008 11:07:00 AM, Anonymous Eucalyptus

    Woooooi.... nyepam di komen postingan gw... dasar orgil!!! BTW makasih ya bed cover stlobeli & tempat HP stlobelinya buat cemi... muahhhh

     
  • At Rabu, September 10, 2008 12:52:00 PM, Anonymous izandi

    salam kenal

     
  • At Rabu, September 10, 2008 5:38:00 PM, Anonymous Anonim

    @Novee
    lagunya kok putus2 ya disini, ga kayak yang lama, wah lemot nih koneksinya :(

    hihihi... download aja kriting apalagi upload :D

    ada 12 apa mpok? ga mudeng..?!?!

     
  • At Rabu, September 10, 2008 6:16:00 PM, Blogger Novee

    #Dudi
    12 lagu heheee.. brasa masang CD deh..
    masa putus2 sih.. disini bagus koq.. bening..

     
  • At Rabu, September 10, 2008 7:47:00 PM, Anonymous Anonim

    putusss..!!! pokoknya putusss...!!!
    hahaha kayak orang pacaran mu putus

     
  • At Rabu, September 10, 2008 8:16:00 PM, Blogger Pakous

    Hola, saludos a Indonesia desde Spain...

     
  • At Rabu, September 10, 2008 11:55:00 PM, Anonymous kesambet

    Kasiani Neng...Sedekahnya Neng....saya orang yang ndak punya....eh, maksud saya ndak punya mobil mercy, ndak punya Istana Negara, ndak punya Pesawat Jet pribadi.... :P

     
  • At Kamis, September 11, 2008 12:01:00 AM, Anonymous novee

    #Bos nye Bemo..
    hih! dasar orgil.. Mana THR buat gw..?
    tunjangan hari rebo... kekekekkk

     
  • At Kamis, September 11, 2008 3:03:00 AM, Anonymous Ani

    Thanks banget pencerahannya non.....insyaAllah postingannya ini bermanfaat buat siapa saja yang baca.

     
  • At Kamis, September 11, 2008 11:40:00 AM, Anonymous sakura

    Selamat menjalani ibadah puasa

     
  • At Kamis, September 11, 2008 1:01:00 PM, Anonymous afwan auliyar

    amien mpok ....

    semoga dengn bulan ramadhan ini pun mjdkan kita lbh baek dr kite yg dulu .....

     
  • At Kamis, September 11, 2008 4:32:00 PM, Anonymous Reza

    wah orang yang suka nolongin orang itu nggak akan ditolong juga ama allah . he..he..he SOK TAHU NIH SI REZA

     
  • At Jumat, September 12, 2008 4:58:00 AM, Blogger papapam traffic

    sipat manusie yg selalu menuntut, ngebuat Sang Pencipta nggak peduli pada kite..posting yg tepat buat kite pada untuk berbuat sesuatu untuk umat nyang laen

     
  • At Jumat, September 12, 2008 10:57:00 AM, Blogger Eucalyptus

    PERTAMAX!!!!! Pertamax bukan ya?

     
  • At Jumat, September 12, 2008 10:58:00 AM, Blogger Eucalyptus

    KEDUAX!!!! Keduax gak ya?

     
  • At Jumat, September 12, 2008 10:59:00 AM, Blogger Eucalyptus

    KETIGAX!!!!! Wakakakakak, kaboooooor

     
  • At Jumat, September 12, 2008 11:03:00 AM, Blogger Novee

    #Emaknye Cemi
    dasar orgiiiiiiiiillllllllllllll..
    kado mana woy, kado wooooyyyy..!

     
  • At Jumat, September 12, 2008 6:11:00 PM, Anonymous badoer

    Alhamdullillah mbak novee udah ngingetin, makaseh ya mbak, semoga saya ndak seperti itu.. Maap juga nie bru bisa jalan2..

     
  • At Senin, September 15, 2008 4:41:00 PM, Anonymous andiana

    makasih ye mpok wat renungannya yang berharga ini.. :)

     
  • At Selasa, September 16, 2008 11:36:00 AM, Anonymous Irma-MamaVian

    Nop aseli nih dikau keren banget! Postingannya bener2 bervariasi, dari yang gila2an bersama blogger BHI sampe hal2 kayak gini nih yang ngingetin kita2 tentang hal2 yang mungkin sering terlewatkan... maksudnye???... ehem sebenernya dulu gw masuk katagori yang suka bilang "masih seger udah minta2"... tapi sekarang2 kalo gw mikir lagi ya... gimana ga minta2, cari kerjaan di INA kan ga gampang... lah di sini aja yang seger2 banyak yang minta2, bule pula, beuh kalo di INA udah pada jadi artis kaleee...

    Makasih udah ngingetin...

     
  • At Selasa, September 16, 2008 9:09:00 PM, Anonymous dobelden

    ih mpok sadis :D

    di semarang dah berlaku perda yg melarang memberi pada pengemis di perempatan mpok, tp emang sih ngasih mah gak perlu ngitung-ngitung, cuma kadang sebel juga tuh ma pengemis, pernah kejadian warnet temen niat nuker duit receh ma pengemis perempatan, di minta tuker 20 rebong die kagak mau, maunye langsung 50 rebong :D dan pas ditanya hasil sehari berapa? dengan enteng jawab : ya lumayan lah 100 an ribu *kalah deh gaji ku* :D

    tp ya masing2 makhluk dah ada garis rezekinya

     
  • At Kamis, September 18, 2008 1:17:00 PM, Anonymous gus

    makasih untuk teguran kerasnya untuk saya. kadang perlu bahasa seperti mBa Novee untuk mengingatkan saya.... Postingan ini tak bookmark ya mBa...

     
  • At Jumat, September 19, 2008 8:42:00 PM, Anonymous diah

    Astagfirullah.... yaa Allah, merinding bacanya.. sadar klo slama ini saya tuh blum bisa bantuin orang yg datang ke saya :(

     
  • At Jumat, Oktober 10, 2008 11:51:00 PM, Anonymous Darojatun Wijaya

    yang datang ke temapku setiap hari, rutin ada 2 nih pengemis. masalahnya, 1 yang ngemis ini masih muda, orang sekampung udah tahu kalo dia pake duitnya ini untuk nggelek. Terus yang satu lagi, seger buger dan masih muda, kasian dia ngemis aja, coba kalo masa mudahnya dia gunakan untuk berkarya, gitu. alasannya cuma karena dia bisu. tapi gak tahu lah.

    Soalnya saya juga dulu punya kakek yang buta, dan nenek yang pincang(buntung kakinya kena rajau darat), kakek ucek dan nenek ucek. mereka biar kek gitu nggak ngemis. kerja apa saja yang penting halal, semampunya, bikin sapu lidi, payung besar, dll. pernah sekali mereka sepulang jualan sapu nyamperin toko mas, yang punya toko nyodori duit, masa itu ya cepek lah. nenek langsung jawab. "waahh... bukan, saya bukan mau ngemis, saya mau beli krabu (anting).

    saya sendiri sih orangnya suka aja memberi, bahkan pernah datang ke tempat saya, sangking sibuknya dan kebetulan menjelang lebaran kemaren pengemis datangnya bertubi-tubi (nggak cuma pengemis, OKP juga) biasa pengemis yang jarang kelihatan kalo datang bawaannya ada saja, :) surat dari lurahlah, surat kuburan lah, surat kebakaran lah, macem-macem, ada yang proposal. walah. jadi sampe udah males lihat itu yang disodirin, karena sibuknya nggak sempat. Jadi kejadian lucunya, datangnya nenek-nenek agak terburu-buru langsung nyodorin kertas, langsung saya sodori juga beberapa lembar ribuan, herannya itu dia terima, saya kembalikan kertasnya tanpa membacanya. Eh, dia berikan lagi kertasnya, dalam hati "ini minta tambah atau gimana ya?" kebetulan ada orang disampingku yang nunggu print-an dia sempat baca kalo kertas itu isinya adalah nomor telepon. langsung dia ngasih tahu ke saya. owalaaahh.... jadi malu saya. rupanya nenek itu mau nelpon, (satu gedung ada wartel juga tapi karena kacanya gelap dia kira saya operatornya, karena saya yang duduk di depan komputer pas kayak jaga wartel, waduh saya kan jaga warnet, nek), kebetulan nomornya luar negeri jadi karena agak beda dia minta bantu maksudnya. :P~~~~~~~~~~~ maluuuuu.. akhirnya malu deh semua orang tahu... lho... tapi duitku tadi mana... :P