Rejeki harus dijemput, karna kaga ada nyang nganterin... - Betawi katrok... memang katrok..
« Home | Yung.. Yung.. E.. E.. Di bawah payungku.. »
| Teka-Teki »
| Saye suka jeruk sangad…! »
| Destination : Phuket »
| Lay Back for a While in a Green City »
| Exploring Alaska »
| Travel Destination : Nicaragua »
| Jakarta International Java Jazz Festival 2009 »
| Car Seats on Shopwiki.com »
| B-E-L-I-T-O-N-G # 4 : Pulau Lengkuas.. Desa Membal... »
Minggu, 15 Maret 2009
Rejeki harus dijemput, karna kaga ada nyang nganterin...




Setengah jam menjelang adzan Dzuhur, dari kejauhan mata saye nangkep sosok tua dengan pikulan yang membebani pundaknya.
Dari bentuk yang dipikulnya, saye apal betul apa an yang dijual.. makanan Betawi yg udah langka yang menjadi kegemaran saye dari masing bocah.
Langsung saye deketin dan benar aje, Bapak tua itu jual KUE RANGI.
Kue ini terbuat dari sagu dan kelapa yang kalo udeh mateng dipake in gula merah yang dikentelin ditambah sedikit nangka/durian sebagai aromanya. Nikmat? Udeh pasti….
Satu yang paling khas dari makanan ini selain bentuknye yang kecil-kecil plus murah, kebanyakan tukang nye udah pada tua.

"Tiga puluh tahun lebih Bapak jualan kue rangi, neng" akunya kepada saye nyang kaga bisa nyembunyi in kegembiraan bise nemu jajanan masa kecil ini lagi. Soalnye udah sangat langka tukang kue rangi ini, kalo pun ada, sangat sedikit yang masih pake pikulan dan pemanggang yang menggunakan bara arang sebagai pemanasnya.
Udah tiga jam setengah dia berkeliling, akunya, baru saye lah yang manggil untuk beli kuenya.

"Kenape Bapak kaga mangkal aje supaye kaga cape keliling?" iba saye sambil menaksir umurnye yang kliatan nye di atas angka enam puluh.

"Saye kaga pernah tau di mane Allah nurunin rezeki saye, jadi saye kaga bisa nunggu di satu tempat. Lagian rezeki itu emang bukan ditunggu, tp kudu dijemput.
Karena rezeki kaga ada nyang nganterin," jawab Bapak itu panjang.

Inilah yang saye maksud dengan keuntungan dari obrolan-obrolan ringan yang bagi sebagian orang kaga dianggep penting.. ngobrol dengan tukang kue murah kaya Pak Murad ini. Kadang dari mereka lah pelajaran-pelajaran penting bisa kite ambil.
Beruntung saye bisa ngobrol ama die soalnye kata2 nye itu sungguh penuh makna.

"Setiap langkah kite sewaktu nyari rezeki ini ada nyang ngitung. Kalo kite ikhlas dengan semua langkah yang kadang kaga menghasilkan apapun itu, cuman ada dua kemungkinan...
Kalo pun kaga Allah mempertemukan kite dengan rezeki di depan sane, biarin ini jadi tabungan amal kite nanti," lagi2 sebaris kalimat meluncur deras dari mulut Pak Murat ini meski parau terdengar suaranya.

"Tapi kan bapak udeh tua untuk terus2an mikul dagangan ini?" pancing saye, biar keluar lagi untaian hikmahnya.
Bener aje.. die ngasih liat bekas hitam di pundaknye yang mengeras…
"Pundak ini, juga telapak kaki yang pecah-pecah ini akan jadi saksi di akhirat kelak, bahwa saye kaga pernah menyerah menjemput rezeki.."

Langsung panas dah kelopak mata saye…
*beneran cengeng lu nop yeh*

Sudah semestinya isteri dan anak-anak yang dihidupinya dengan berjualan kue rangi berbangga hati memiliki lelaki penjemput rezeki seperti Pak Murad.

Kaga semua orang punya bekas dari sebuah pengorbanan menjalani kerasnya tantangan dalam menjemput rezeki..
Kaga semua orang harus melalui jalan panjang, panas terik, deras hujan bahkan tajamnya kerikil untuk membuka harapan esok pagi..
Kaga semua orang harus teramat sering menggigit jari menghitung hasil yang kadang tak sebanding dengan deras peluh yang berkali-kali dibasuhnya sepanjang jalan..

Dan Pak Murad termasuk bagian dari yang 'tidak semua orang' itu..
yang Allah tak kan salah menjumlah semua langkahnya..
yang Allah tak mungkin terlupa menampung setiap tetes peluhnya
dan kemudian mengumpulkannya sebagai tabungan amal kebaikan.

***


Sewaktu kecil saye sering beli kue rangi, bukan cuma karena nikmat rasanya melainkan karna harganya pun murah.
Sekarang ditambah lagi, kue rangi tak sekadar nikmat dan murah, tapi Pak Murad pedagangnya membuat kue rangi itu semakin lezat dengan untaian kata-kata hikmahnya…

Ya Allah, limpahilah ia dg rizki Mu yg cukup, senangkanlah masa tua nya serta bahagiakanlah akhiratnya kelak… Amin

Note :
1) Berhubung Mata nanya in gambar kue rangi, ini saye add gambar nya brikut pikulan nye.
Ma'ap in gambar nye ga bagus. Makanye kemaren ga mao di posting. Tapi biar in deh ye, dari pada ga ada...
2) Itu ada pesan dari Rekan Blogger Eucalyptus :
Ngomong2 soal kue Rangi, gue punya resepnya neh.. tapi gak dibakar di atas areng, maklum gak punya alatnya.. ***lanjutan nya baca sendiri di koment bawah***
lho.. resep yg aneh! koq bentuk nye kaya dadar? trus pake di lipet sgala... itu kue rangi karangan siapa? *jangan2 kue rangi ternyata ada 3 stanza*
prasaan beda deh Yu.. (walo mirip bahan nye siy, tp jadi nya lebih mirip kue tapel khas cirebon..) biarin deh ye, kali ada yg mo nyoba kue rangi versi laen, anggap lah ini kue rangi modern peranakan Betawi Cirebon (hihiiii...)


100807

Label:

 
posted by Sinopi at 08.00 | Permalink |


35 Comments:


  • At Kamis, Agustus 09, 2007 9:47:00 PM, Anonymous Kurt Z

    Neng, aku jadi inget bapakku: keuletan, kegigihan mempertahankan hidup, duuuh semuanya deh...

    hampir kalau lagi sensi, setiap kali kang Ebit mengumandangkan lagu tentang Ayah.. yang dipundaknya legam ... duuuh jadi teringat terus akan dia...

    Loh kok aku bukannya komentar malah curhat... anyway makasih, neng tlah mengingatkan pahlawanku...

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 8:17:00 AM, Blogger Novee

    @ Kang Kurt
    wah, itu pasti lagu yg judul nya AYAH ya?
    huaaaaaa.... itu lagu yg paling ga mau saya dengar, soalnya tiap dengar lagu itu pasti aku nangis terus2an n susah brentinya.
    Soalnye Babeh juga kaya gitu perjuangan nye dalam ngais rejeki...
    hiksss

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 8:23:00 AM, Anonymous mata

    kue rangi itu kek gimana bentuknya ???

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 9:34:00 AM, Blogger Eucalyptus

    Nov, crita lo bikin gw terharu sekaligus jadi kangen sama jajanan2 betawi kaya gini. Mau dong kue ranginya....... udah susah nyari yang jual. Kalo kerak telor masih banyak yang jual, di carefour juga ada.

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 10:01:00 AM, Blogger Bagus Herwindro

    Kalo di Surabaya namanya kue RANGIN, beda dikit, tapi rasanya sama.

    Merekalah sebenarnya sang pejuang sejati, kehadirannya sering diremehkan orang, tetapi pada posisi yang sama - beranikah mereka yang meremehkan menjalini seperti yang dijalani Bapak penjual rangin itu ?

    Aku jadi ingat kejadian waktu aku pergi ama anak-istri cari makan di luar. Trus aku lihat ada seorang lelaki separo baya keliling berjalan kaki di bawah teriknya mentari yang menyengat dari atas langit Surabaya - menjajakan rotan yang dibentuk menjadi lingkaran (hulahop) dengan berbagai ukuran. Dalam hati aku bertanya siapa yang akan membeli hulahop itu ? Kok engga milih dagangan yang lain aja.

    Baru selesai berkata dalam hati seperti itu, WARNING langsung keluar dari Sang Pemilik Rezeki - dijewer, jadi ngerasa dosa banget - tiba-tiba sebuah mobil sedan menepi dan bertransaksi dengan penjual hulahop itu. Subhanallah, saat itu juga Allah membuktikan bahwa DIA-lah yang menjamin rezeki setiap makhlukNYA seperti yang baru ditunjukkanNYA padaku.

    Astaghfirullah.... ampuni aku Yaa Allah dan mudahkanlah aku dalam menjemput rezeki yang telah Engkau tetapkan bagiku.

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 10:05:00 AM, Blogger Mama Rafi

    idem kyk mata mbak kue rangi itu nyang kyk ape?
    jd ngences neh soalnya aku jg demen jajanan tradisional gt.

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 11:11:00 AM, Anonymous heny

    iya deh ne...gue koment nih...gue kalau liat bapak-bapak tua suka kasihan...makanya biar kata bawel and keras kepala tapi gampang terenyuh sama kek lo...

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 12:01:00 PM, Blogger isnuansa_maharani

    salah satu makanan favoritku, tapi udah lama nggak makan kue ini... bisa nggak Mbak pesen? hehe...

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 12:26:00 PM, Blogger LifeByYourHand

    Walaupun Rezeki, Jodoh, Maut ada di tangan Allah, tapi untuk rezeki kita harus menjemput bkn menunggu, Ane setuju nop, karena banyak orang2 yang berlindung di balik ketentuan Allah..,jd kadang mereka malas tuk berusaha...

    akurrr...

    btw, gimana ma bang eagle ? dah ada kontak blom ? ehemmmm.. 1000x

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 2:36:00 PM, Blogger Vina Revi

    sumpe, belom pernah nyicipin yang namanya kue Rangi. aduh, kurang gaul banget, ya? ato jangan-jangan sebenernya udah pernah, tapi nggak ngeh klo namanya kue RANGI? kalo Roti Mas sih aku tau. ;)

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 3:09:00 PM, Blogger Eucalyptus

    Ngomong2 soal kue Rangi, gue punya resepnya neh..... tapi gak dibakar diatas areng, maklum gak punya alatnya......
    Bahan :
    - 1/2 btr kelapa yg setengah tua (dikupas n diparut);
    - 100 gr ampas kelapa;
    - 100 gr tepung sagu aren;
    - 1/4 sdt garem
    - 200 gr gula merah (diparut);
    Caranya :
    - Semua bahan dicampur (kecuali gula merah) sampe rata;
    - Panaskan wajan kecil diatas api (nah klo ada yg mau diatas bara areng lebih enak);
    - Masukan 2 sdm adonan kedalam wajan sambil diratakan kaya bikin dadar tipis. Masak sampe kering yaaa;
    - Taburi permukaannya dengan parutan gula merah, trus dilipat atau digulung terserah..
    - Nah..... selesai deh...... nyammmy..... jadi pengen buat deh

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 4:09:00 PM, Blogger Eucalyptus

    Nov...... kue rangi gw udah di-modified jadi pake kompor gas seh.... ha ha ha..... yang penting rasanya kan? Daripada ngeces gak dapet yang asli yang dibakar di atas areng ntu tuh...... Anggep aja panekuk betawi..... huaaaaaa.....

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 5:18:00 PM, Blogger ichaAwe

    aduh tuh kue, kali aku terakhir makan tuh kue 15 tahun yg lalu...

    nov, gmn sih... kok malah ngasih resep kuenya.ntar malah tambah gak ada yg beli dong, orang2 pd bikin ndiri dirumah....

    duh nov, kalo ktemu lg ma Pak Murad salamin yah dr saya...salut deh ...

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 6:31:00 PM, Blogger Novee

    @ Mata
    tuh, udah di add gambar nya.
    Maap jelek n gelap. ntar deh pas jajan lagi aku ganti dg foto yg bagus an

    @ Eucalyptus
    lo kasn sering makan siang ama gw, ntar kapan2 gw ajak deh

    @ Bagus
    knapa ga posting crita ttg penjual rotan itu? bagus tuh, ada hikmah yg bisa diambil

    @ Rafi
    aku traktir deh kalo ke Jakarta
    beneran niy, akhir bulan mo datang?
    asiiikkk... aku pasti dibawain ole2 kan?
    *ngarep.com*

    @ Heni
    lo tuh kalo kesiyan ama orang suka pilih2 deh...

    @ Isnuansa
    lokasi gawean di gedung bunder kan? deket tuh...
    kalo lg blanja2 di tenabang, coba mampir di Kedai Nasi Uduk nye Zaenal Fanani Jl. Kebon Kacang 8. kalo beruntung bisa nemu tukang kue rangi yg lewat situ (malem)
    kalo jam makan siang coba ke Warung Soto Mie nya Bang Nedi (di kebon kacang juga tp ga masuk gang, letak nye pinggir jalan raya tusuk sate nye Jl Thamrin di bawah pohon yg gede banget). kalo siang suka ada tukang kue rangi yg ke situ
    *itupun kalo beruntung...*

    @ Yayang nya Bunda Ofa
    Yup! banyak orang malas yg berlindung di balik kata2 KETENTUAN ALLAH...
    btw jangan bawa2 si elang bondol itu kemari ah, bikin gosssipppp

    @ Vina Revi
    heheee... bentuk nya kaya kue pancong, tp ukuran nye lebih kecil.
    kue pancong pk terigu+kelapa, kue rangi pake sagu+kelapa
    kue pancong pk gula pasir, kue rangi pk gula aren ato gula jawa ato gula merah yg dikentalkan trus dikasih sedikit nangka ato durian (tergantung musim) untuk aroma

    @ Eucalyptus
    tengkyu resep nye, walo beda banget nampak nye walo bahan nye mirip. Yah anggaplah kue rangi moderen pranakan betawi-cirebon (soal nye resep mu mirip kue tapel khas cirebon hehe...)

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 6:48:00 PM, Blogger Novee

    @ Icha
    Wah Cha... resep nye beda banget koq, walo mirip.
    Sumpah Cha, kaga bakalan sama palingan rasa nye doang yg sama, soalnye kue rangi kan ada cetakan nye gitu, dimakan panas2 trus pas digigit nye empuk sedep. ya kan...?
    duh, jadi ngeces neh... mo nyari ke kebon kacang ahhh
    *ikut yoookkk*

    Sori Cha, ga bisa disalamin ke Pak Murad, soalnye die ga mangkal n ga tau jualan nye dimane. Cuma kebeneran waktu itu kebeneran dia lagi liwat. Sori yeh Cha...

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 8:08:00 PM, Blogger CempLuk

    laper laper..

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 8:49:00 PM, Blogger Novee

    @ Bagus Banget
    *makan-makan dong kalo gituh*

     
  • At Jumat, Agustus 10, 2007 10:17:00 PM, Blogger Anang

    wah... gambarnya menggiurkan apalagi aslinya :p

     
  • At Sabtu, Agustus 11, 2007 11:39:00 AM, Blogger .:diah:.

    aduuhh mbak,, skali lagi.. *saya ikutan trharu baca postingan mbak..

    besok2 klo ktmu dengan Pak Murad itu, nitip salam yaa mbak.. moga dy dilimpahkan rejeki yg banyak oleh Allah... *dy tlah sangat gigih menjemput rejekinya...

    btw mbak,, kue nya mau dunkz :D

     
  • At Sabtu, Agustus 11, 2007 3:12:00 PM, Blogger Nia

    Huaaaa, kue rangi itu salah satu kue favorit daku. Dah lama bgt ga mkn tu kue. Mo bikin, tepung sagu aren belinya di mane neng Novee?

     
  • At Sabtu, Agustus 11, 2007 8:01:00 PM, Blogger Novee

    @ Anang
    ya begitulah kira2..

    @ Diah
    Amin, tp salam nya ga bisa disampein, karna ga tau dia ada dimana
    kemari dong kalo mao kue nya

    @ Mpok Nia
    satu lagi penggemar kue rangi...
    masa siy di supermarket sana ga ada tepung sagu... perlu dikirim dari sini kah?

     
  • At Minggu, Agustus 12, 2007 8:54:00 AM, Blogger primaningrum

    aku kenal kue rangi setelah ayah utam tiba-tiba heboh pas liat tukang jualan kue rangi ini di bawah jembatan tomang, n disempet-semptin minggirin mobil dan beli!! maklum katanya dah susah aja ndapetin kue ini. rasanya? gurih, mirip-mirip ma kue pancong.

     
  • At Minggu, Agustus 12, 2007 7:11:00 PM, Anonymous w@hyu

    bener banget tuh, rejeki bakal datang kalo kita mau berusaha.. biasanya orang2 yg dianggap 'orang kecil' seperti mereka itu lah yg lebih bisa memaknai hidup dibanding orang2 yg terbiasa hidup enak *eh, aku gak bilang semuanya lho* :)
    ada kalimat bijak yg bilang gini, gak usah ngeliat siapa yg ngucapin, tapi liat lah apa yg diucapkannya itu..

    semoga Bapak itu senantiasa dimudahkan urusannya.. amiin..

    btw di kampungku ada juga kue yg mirip itu. namanya DANGE. tapi bikinnya dari tepung ketan, bukan tepung sagu..

     
  • At Minggu, Agustus 12, 2007 8:02:00 PM, Blogger Novee

    @ Mami si Kembar
    nah kan... emang smua org yg tinggal di jakarta n kebeneran kenal kue ini bisa dipastikan langsung brenti n beli kalo ketemu.
    kan aku udah bilang, kue ini langka...
    dg kue pancong mirip bentuk nya doang Mam, rasanya beda, sensasi menggigitnya pun beda... heheee

    @ Wahyu
    tepung ketan dg tepung sagu bukan nya sama aja Yu... prasaan sama deh... *sama ga yah...*

     
  • At Minggu, Agustus 12, 2007 8:10:00 PM, Anonymous andalas

    enakan mana sama bakpia keju?

    emang bener, hikmah biasanya akan meluncur deras dari mulut orang-orang yang kurang beruntung!!! pelajaran menarik buat hari ini mpo!

     
  • At Minggu, Agustus 12, 2007 8:22:00 PM, Blogger Novee

    @ d'Sundanese
    dua2 nya enak. mana bakpia keju nya?

     
  • At Senin, Agustus 13, 2007 1:03:00 AM, Blogger noki_afandi

    uang yg didapat dgn kerja keras kita memang bisa membuat kita sangat bahagia, drpd kita tidak kita bs dpt uang bahagianya mah beda.
    emh kaya' noki musti coba bikinya nih. kaya asik buat cemilan di sore hari... klau enak mah bisa di jual di malang nih

     
  • At Senin, Agustus 13, 2007 1:26:00 PM, Blogger Novee

    @ Noki
    jangan lupa bagi hasil ya... kan resep nya nyontek disini hehe

     
  • At Selasa, Agustus 14, 2007 11:20:00 AM, Blogger Ifool

    cerita yang sangat menyentuh ya Mpok..

    perjuangan yang tulus dalam mencari rejeki dari seorang lelaki, suami dan bapak..mungkin memang dia hanya orang biasa yang lebh sering terpinggirkan di antara deru pergulatan kaum borjuis dan hedonis yang sudah tidak lagi sekedar mencari nafkah tapi untuk memenuhi nafsu serakahnya..

    perjuangan orang biasa yang tulus tapi penuh makna. seribu hormat dan salut untuk orang-orang seperti pak Murad...

     
  • At Selasa, Agustus 14, 2007 11:34:00 AM, Blogger Novee

    @ ifool
    aaahhhh... jd ga bisa ngomong apa2 niy, baca komentarnya...

     
  • At Minggu, Agustus 19, 2007 2:44:00 PM, Anonymous ai

    betul mba..

    Saya selalu terharu sama seseorang yang mungkin dia ga punya, tp masih selalu bersyukur dgn apa yg dia miliki. Bahkan, bekerja keras membahagiakan apa yg dia punya, yaitu keluarganya.

    Mmh..kita memang harus banyak belajar dari orang2 seperti itu ya mba.

    Btw, saya jadi penasaran pengen makan Kue Rangi ^^v

     
  • At Minggu, Agustus 19, 2007 2:57:00 PM, Blogger Novee

    @ Ai
    ya, makanya kita ga boleh under estimate ama org yg kliatan nya kurang darai kita...
    kue rangi... kamu kan di Jakarta, masa ga pernah nemu kue rangi...

     
  • At Selasa, Agustus 28, 2007 9:59:00 AM, Blogger Bunda Ofa

    Hmmmm....nyam-nyam.. kue Rangi emang enak bangetsss :) mudah2an kalo' Ofa ke Jkt ada lagi yang jual yak... thanks dah ngenalin Ofa ma makanan yang satu ini... btw kirimin dunk... hehehee :p just kidding dear :)

     
  • At Senin, April 06, 2009 10:38:00 AM, Blogger rizky

    Subhanalloh,,, saya juga hampir menangis mpok baca postingan ini,,,,, semoga bnayak orang di EndonesiaH ini seperti pak murad..... semua keikhlasan yg dia lakukan itu ada ganjarannya,,, saya juga ikut mendo'akan pak murad ini ah,, supaha dia di beri banyak rezeki atas semua apa yg dia lakuakan dan telah memberikan pelajaran apada kita dng kata2 mutiaranya, semoga alloh melimpahkan rahmat untuk orang2 seperti beliau.

    ngomong2 soal kue ragi itu seperti apa ya??? soalnya picnya kagak jelas mpok,, mugkin di sini juga ada,, tapi beda nama ya???? saya tak tau shi,, soalnya semua jajanan atau permaian jaman kecil saya sudah beda dng anak2 zaman sekarang,, semuanya serba moderen, saya takut entar anak cucu saya tak tau permaian tradisional, karean perkembangan zaman ini.

     
  • At Sabtu, Mei 02, 2009 9:50:00 PM, Anonymous balisugar

    waw terlihat enak kuenya, tapi belum pernah nyobain tuh, baru kali ini liat gambarnya nyam...nyam